Menghilangkan Kerak di Kepala Bayi

No comment 748 views

Kepala bayi memang sangat rentan dengan segala perubahan yang bisa saja terjadi. Entah itu perubahan bentuk kepala hingga adanya kerak di kepala. Untuk yang satu ini memang lumrah terjadi namun bukan berarti diabaikan begitu saja. Selain memang terlihat tidak enak dipandang, rasanya sebagai ibu kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan anak.

Umumnya, kerak di kepala bayi bisa terkelupas dengan sendirinya menjadi serpihan tipis seperti ketombe. Dengan kenyataan seperti ini, tidak sedikit para ibu yang ingin mengelupas sendiri yang terkadang membuat kulit bayi menjadi lebih sensitif. Untuk itu, dibutuhkan perawatan intensif walau kerak pada kepala bisa rontok dengan sendirinya.

Kerak di Kepala Bayi : Ketahui Penyebabnya

kerak di kepala bayiSecara medis, kerak di kepala bayi disebabkan oleh dua hal yaitu adanya gangguan fungsi kelenjar minyak pada rambut dan alergi atau kelainan atopik. Jika disebabkan oleh kelenjar minyak yang tidak berfungsi dengan baik, ini terjadi karena kadar tinggi hormon kehamilan pada bayi saat masih ada di rahim.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, maka kerak kepala akan menghilang dan mengelupas dengan sendirinya. Hal ini disebabkan telah terjadi penurunan jumlah hormon androgen yang menyebabkan kerak timbul. Meskipun demikian, tetap perhatikan kulit kepala bayi dengan cara menjaga kebersihannya agar tak muncul kemballi.

Sementara, jika disebabkan oleh alergi maka kerak kepala akan lebih lama hilang hingga usia si kecil memasuki satu tahun. Belum lagi sisik-sisik tersebut akan meluas ke seluruh daerah yang memiliki kelenjar minyak. Pastikan, untuk tidak mencuci rambut setiap saat karena justru membuat kulit kepala menjadi kering.

Tindakan Yang Harus Dilakukan

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan seperti mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala yang berkerak. Beri pijatan lembut pada daerah yang bersisik dan yang telah diolesi minyak. Tujuannya agar kerak menjadi lembut dan mudah dibersihkan.

Satu hal yang pasti adalah tidak memaksa untuk membersihkan kerak karena akan melukai dan beresiko infeksi. Cukup lakukan metode sederhana tersebut maka perlahan kerak pada kepala bayi akan menghilang.

author