Mengintip Kandungan Gizi Labu Kuning

No comment 646 views

Bagi Anda ibu rumah tangga yang gemar memasak, tentu Anda sudah tidak akan asing dengan labu kuning. Yap jenis buah berbentuk sedikit lonjong ini memang kerap diolah menjadi berbagai menu yang lezat.

Namun tahukah Anda apa saja kandungan gizi yang terdapat didalamnya? Jika dilihat secara sekilas warna daging buahnya yang kuning atau oranye menandakan bahwa buah yang satu ini memiliki kandungan karotenoid yang cukup tinggi. Nah untuk lebih jelas mengenai informasi gizi pada labu kuning, yuk simak ulasan berikut ini.

labu

Kandungan Gizi Labu Kuning

  • Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu kangdungan dengan kadar yang cukup tinggi pada labu kuning. Vitamin A ini akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah terjadinya kanker dan penyakit jantung.

  • Vitamin C

Selain Vitamin A, Vitamin C juga menyumbang jumlah yng cukup banyak. Vitamin C berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh serta berperan penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu Vitamin ini juga dapat berperan sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas.

  • Mineral alami

Beberapa mineral yang terkandung dalam labu kuning antara lain zat besi dan kalium. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan hemoglobin dalam darah. Sementara itu kalium sangat baik untuk menunjang proses metabolisme dalam tubuh serta menjaga keseimbangan air dan asam-basa tubuh.

  • Serat

Sebagaimana terdapat pada kebanyakan jenis buah, serat dengan kadar tinggi juga terdapat dalam labu kuning. Serat ini sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian akan turut berperan dalam menurunkan resiko sembelit.

author