Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak

1 comment 1347 views

Gondongan atau dalam bahasa medis Mumps, parotitis epidemika adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar parotis yang terletak pada tiap-tiap sisi muka tepat dibawah dan didepan telinga oleh virus (paramyxovirus).
Biasanya penularan virus Mumps ini melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Gejala Gondok atau kelenjar tiroid

* Terdapat pembesaran kelenjar tiroid atau pembengkakan leher.
* Suara penderita berubah atau menjadi serak.
* Bisa terjadi batuk atau batuk berdarah, serta diare atau sembelit.

Penyakit gondongan biasanya menyerang pada balita atau anak-anak , ditandai dengan bengkak pada daerah dagu sampai leher . Anak yang terserang gondongan biasanya disertai dengan badannya panas atau demam,  sehingga anak tersebut suka rewel . Untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini ada beberapa cara / tips sembuhkan gondongan pada anak seperti yang dijelaskan di bawah ini .

Untuk meredakan panas / demam yang disebabkan sakit gondongan berikan obat penurun panas atau demam yang sesuai dengan usia anak tersebut atau dengan rujukan dari dokter yang anda percaya .

Untuk menyembuhkan bengkak yang disebabkan sakit gondongan berikut ini caranya :

Cara pertama :
Siapkan beberapa ranting belimbing muda beserta daunnya kira-kira 7 ranting atau lebih .
Siapkan 4 buah  bawang merah  ukuran sedang .
Campurkan kedua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus lalu balurkan ramuan tersebut pada tempat yang sakit . Lakukan hal ini secara rutin sampai bengkaknya kempes dan sembuh .

Cara kedua :
siapkan kapur biru atau orang biasanya menyebut dengan nama blawu, campur kapur biru tersebut dengan air secukupnya kemudian balurkan pada tempat yang bengkak / gondongan sampai merata . Lakukan sampai bengkaknya kempes dan sembuh .

author