Menguak Tipe-Tipe Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan bisa jadi menyerang keluarga. Identifikasi penyakit jantung bawaan ini menjadi sangat penting mengingat bahayanya yang dapat merenggut orang-orang yang kita cintai. Kewaspadaan sebaiknya ditingkatkan ketika ada riwayat penderita penyakit jantung dalam keluarga serta perawatan kehamilan yang tidak baik (merokok, minum alkohol dan obat-obatan terlarang) yang mengakibatkan struktur jantung janin tidak sempurna.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana struktur jantung orang yang menderita PJB ini. Ternyata, penderita memiliki struktur jantung yang dapat berupa lubang atau defek pada sekat ruang-ruang jantung, penyempitan atau sumbatan katup atau pembuluh darah yang berasal atau bermuara ke jantung, ataupun abnormalitas konfigurasi jantung serta pembuluh darah.

harmonis

Hingga kini, para ahli telah menemukan ribuan tipe kelainan pada jantung penderita PJB. Akan tetapi, untuk memudahkannya, maka digolongkan menjadi dua tipe PJB yang dikutip dari IDAI, sebagai berikut:

1. PJB biru (sianotik)

PJB tipe ini menyebabkan warna kebiruan (sianosis) pada kulit dan selaput lender terutama di daerah lidah/bibir dan ujung-ujung anggota gerak akibat kurangnya kadar oksigen di dalam darah.

2. PJB non-sianotik

PJB tipe ini berbahaya, karena dapat menimbulkan gejala gagal jantung yang ditandai dengan sesak yang memberat saat menetek/beraktivitas, bengkak pada wajah, anggota gerak, serta perut, dan gangguan pertumbuhan yang menyebabkan kekurangan gizi.

 

Setelah mengenal kedua tipe penyakit jantung bawaan diatas, ada baiknya kita membahas gejala serta penyebab penyakit jantung bawaan (PJB).

author