Menilik Perkembangan Normal Bayi Usia 11 Bulan

No comment 579 views

Setiap tahap perkembangan dan pertumbuhan bayi tentu menjadi sesuatu yang sangat dinantikan oleh setiap orang tua. Hati akan merasa begitu bahagia ketika setiap tahap pertumbuhan tersebut dapat dilalui anak secara normal, terlebih dengan kondisi sehat dan cerdas.

Salah satu tahap pertumbuhan yangat menarik untuk dibahas adalah pada tahap bayi berusia 11 bulan. Pasalnya pada tahap ini bayi sudah mulai keluar dan mampu berinteraksi dengan bayi – bayi sebayanya. Pada tahap ini pula bayi sudah mulai belajar bagaimana berbagi dengan sesame, meskipun terkadang masih muncul juga sifat egosentris yang sangat kuat.

Sebagaimana pada tahap – tahap yang lain, pada usia 11 bulan ini bayi juga memiliki tugas perkembangan yang harus dapat dilakukan. Apa saja tugas perkembangan tersebut? Berikut beberapa perkembangan bayi pada usia 11 bulan.

musik untuk bayi

Pertama bayi sudah mampu untuk duduk tenang dan mendengarkan cerita yang Anda bacakan atau mendengarkan lagu. Sesekali bayi juga akan tertarik untuk membolak – balik buku cerita yang Anda gunakan dan menunjuk pada gambar berwarna – warni yang dia sukai.

Selanjutnya bayi usia 11 bulan sudah akan mulai belajar berdiri dan berjalan. Pada umumnya tahap normal bayi mulai berjalan adalah ketika berusia 10 sampai 17 bulan, sehingga pada tahap ini bayi sudah mengemban tugas perkembangan tersebut. Namun yang harus digaris bawahi adalah jangan pernah memaksakan bayi untuk segera berjalan, biarkan pertumbuhan tersebut berjalan secara alami.

Perkembangan lain yang normal dialami bayi usia ini adalah bayi mulai bisa mengelompokkan sesuatu berdasarkan warna maupun bentuk, meskipun belum dapat sempurna melakukannya. Misalnya bayi akan menarik dan mengacak – acak pakaian yang ada diranjang kemudian membandingkannya satu dengan yang lain. Dalam hal ini tentu peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi dan membimbing bayi.

author