Meningitis pada Anak dan Upaya Pencegahannya

No comment 637 views

Berbicara mengenai masalah gangguan kesehatan anak tentu ada banyak sekali yang harus diwaspadai, terutama adalah penyakit – penyakit yang mudah menular. Kondisi imunitas atau kekebalan tubuh anak yang masih lemah seringkali menyebabkan anak sangat mudah tertular oleh berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah meningitis.

Meningitis merupakan gangguan kesehatan yang berupa peradangan pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan jamur. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang berbahaya karena jika tak segera mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan masalah serius seperti lumpuh dan gangguan mental.

miningitis

Penyakit meningitis ini sangat mudah menular melalui ludah dan ingus lewat perantara udara. Misalnya ketika penderita bersin, tertawa, menguap, bahkan berbicara sekalipun dapat menularkan meningitis pada anak. Selain itu memakai barang atau peralatan bersama – sama dengan penderita meningitis dapat menyebabkan penularan, seperti mekan dan minum dengan satu wadah yang sama, bergantian memakai handuk dan sapu tangan.

Nah mengingat tingginya resiko penularan meningitis ini, tentu Anda haruslah cerdas dalam menjaga dan menjauhkan anak Anda dari penyakit ini, bagaimana caranya? ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tertularnya meningitis pada anak Anda, sebagai berikut.

  • Lakukan imunisasi HiB/pneumokokus pada anak.
  • Menjaga kebersihan diri dan peralatan sehari – hari anak, seperti peralatan makan dan pakaian.
  • Hindarkan kontak langsung dengan orang positif meningitis.
  • Hindarkan anak menggunakan peralatan yang sama dengan orang lain.

Nah dengan melakukan beberapa hal diatas, secara tidak langsung Anda telah meminimalkan potensi terjangkit penyakit meningitis pada buah hati Anda. intinya selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan adalah cara terbaik menangkal berbagai jenis penyakit pada keluarga Anda.

author