Menjadi Istri Idaman

No comment 647 views

Menjadi istri merupakan pekerjaan mulia sekaligus fitrah sebagai seorang wanita. Menjadi istri yang baik tidaklah mudah jika tidak dijalani dengan penuh keikhlasan. Padahal, dari istri yang baik akan terlahir anak-anak yang baik pula. Istri yang baik juga akan mengusahakan keutuhan rumah tangga.

Istri yang baik adalah dambaan para suami. Tentu ingin menjadi orang yang didambakan dan selalu dirindukan suami bukan? Untuk itu perlu menjadi istri yang baik. Kriteria istri yang baik yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

anak

1. Memiliki agama yang bagus

Agama (akidah) yang baik adalah kunci utama dalam memilih istri. Jika agamanya baik, Insyaallah perilaku, budi pekerti dan yang lainnya akan ikut baik. Sebagai pendidik anak-anak juga, istri yang baik tentu akan mengarahkan mereka pada akidah dan akhlak yang baik. Darinya akan tercipta generasi-generasi masa depan yang salih dan solekhah.

Rasullah SAW bersabda, “Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi”.

2. Selalu Menutup Aurat

Laki-laki hendkanya menginginkan wanita yang menutup aurat. Bukan malah melihat perempuan dari tampilan luar yang seksi dan berani buka-bukaan. Rasulullah SAW bersabda:

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.”

Untuk menguatkannya, ada sebuah Firman Allah SWT sbb:

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab [33] : 59). Jilbab bukanlah penutup wajah, namun jilbab adalah kain yang dipakai oleh wanita setelah memakai khimar. Sedangkan khimar adalah penutup kepala.

Selain dua tersebut, masih ada lagi kriteria istri yang baik untuk suami lainnya yang wajib dibaca para muslimah.

author