Menjaga Kesehatan Gigi Balita

No comment 2816 views

Setelah kita menyimak tips-tips merawat kesehatan gigi anak balita, kita perlu juga menjaga kesehatan gigi anak. Bnayak hal yang perlu diperhatikan agargigi anak tetap sehat, walaupun baru gigi susu yang pasti akan lepas nantinya.

Perawatan gigi utama yang sudah kita kenal sejak dahulu adalah menggosok gigi. Akan tetapi, ternyata menggosok gigi saja tidak cukup, masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan agar gigi anak tetap sehat, sebagai berikut:

1. Aturlah konsumsi makanan manis anak.

Pada masa kanak-kanak biasanya mereka menyukai permen dan coklat. Oleh karena itu, perlu dibatasi agar mereka mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit.

2. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium (seperti ikan & susu), fluor (seperti teh, daging sapi & sayuran hijau), fosfor, serta vitamin A (seperti wortel), C (buah-buahan), D (susu), dan E (tauge) untuk meningkatkan kesehatan dan memperkuat gigi.

3. Ajak anak untuk ke dokter

Biasanya dokter gigi adalah momok bagi anak. Hal ini dikarenakan, pertama kali anak di bawa ke dokter gigi adalah ketika gigi anak mau dicabut, tentu ini yang membuat anak merasa ngeri. Oleh karena itu, keakraban dengan dokter gigi anak perlu dibangun sejak dini agar mereka tidak ketakuta. Aturlah jadwal konsultasi 6 bulan sekali.

 

Simak juga tips menjaga kesehatan anak lainnya.

 

 

 

author