Menjaga Mutu dan Keamanan ASI Donor

No comment 770 views

Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain memang sangat menyenangkan. Salah satu peran yang dapat Bunda ambil untuk emmbantu orang lain adalah dengan mendonorkan ASI. Mendonorkan ASI bukan sesuatu yang laangsung dapat dilakukan begitu saja, perlu adanya pemeriksaan untuk memastikan ASI berkualitas dan tidak terkontaminasi dengan penyakit.

Setelah lolos berbagaib tes kesehatan, maka Bunda kini siap mendonorkan ASInya. ASI donor harus disimpan dengan baik dan di tempat yang higienis, agar tidak menimbulkan penyakit pada anak. Penjagaan kualitas ASI tidak hanya sebatas itu saja, kualitas kesehatan Ibu juga berpengaruh. Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan cara untuk menjaga kualitas dan mutu Air Susu Ibu:

gaya menyusu

  1. Sebelumnya, ibu pendondor sebaiknya telah mendapatkan pelatihan mengenai cara menjaga kebersihan, cara memerah, serta menyimpan ASI.
  2. Sebelum memerah ASI, sebaiknya bersihkan tangan menggunakan sabun terlebih dahulu, agar tidak banyak kuman penyakit yang hinggap
  3. ASI diperah ditempat yang bersih. Jika menggunakan pemompa ASI, gunakan pada bagian yang mudah dibersihkan.
  4. Simpanlah ASI perah di tempat tertutup, botol kaca, kontainer plastik dari bahan polypropylene atau polycarbonate, botol bayi gelas atau plastik standar.

Donor Asi ini dapat Anda lakukan di rumah sakit anak terdekat. Apa yang Anda lakukan ini sangat mulia dan bermanfaat bagi banyak anak, karena kita tahu bahwa ASI menganding berbagai nutrisi yang baik untuk bayi.

author