Menjalin Komunikasi dengan Anak Ditengah Kesibukan Kerja

Perkembangan jaman menuntut berbagai perubahan di setiap segi kehidupan. Salah satunya, adalah perubahan peran seorang istri dalam keluarga. Jika pada jaman dahulu tugas istri hanyalah tinggal di rumah, menyelesaikan seluruh pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak, namun kini segalanya nampak telah berubah. Adanya emansipasi wanita menyebabkan tidak jarang seorang istri harus bekerja guna membantu sang suami mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Berbicara mengenai seorang istri yang ikut bekerja atau yang biasa disebut wanita karir, ada satu hal menarik yang bisa dicermati. Apa itu? Yakni masalah anak dalam keluarga tersebut. Mengingat kedua orang tua merupakan seorang pekerja, tentulah interaksi antara keduanya dengan si kecil akan sedikit berkurang. Padahal tingkat interaksi, perhatian, dan kasih sayang orang tua akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan si kecil.

Nah menyikapi hal semacam ini, Anda dan pasangan sebagai orang tua tentulah harus memiliki tips – tips khusus agar hubungan dengan si kecil tetap berjalan baik. Dengan demikian anak Anda akan tetap tumbuh secara maksimal menjadi anak yang berkualitas.

karir

Tips menjalin hubungan baik dengan anak ditengah kesibukan kerja

# Managemen watu Anda secara baik dan bijak

Pastikan Anda meluangkan waktu Anda setiap harinya untuk berkumpul bersama anak – anak Anda. Semakin banyak waktu Anda bersama si kecil sebenarnya semakin baik, namun jika itu tidak memungkinkan beberapa jam dalam sehari mungkin sudah cukup. Yang terpenting adalah maksimalkan waktu Anda ketika bersama anak. BercAnda bersama, mengajak anak bercerita pengalaman kesehariannya, hingga berjalan – jalan atau berolah raga penting untuk Anda lakukan. Yang tidak kalah penting adalah tunjukkan kasih sayang Anda melalui ungkapan fisik, misalnya dengan membelainya, menciumnya, atau memeluknya. Hal seperti ini akan sangat positif bagi perkembangaannya.

# Sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak disela – sela pekerjaan

Meskipun Anda sedang tidak berada di dekatnya, namun Anda tetap bisa memberikan kasih sayang Anda. Bagaimana caranya? Manfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Hubungi anak Anda via telpon sekadar untuk memastikan ia dalam keadaan baik – baik saja. Memang hal ini terkesan spele, namun sebenarnya hal ini memiliki dampak positif yang luar biasa untuk membangun hubungan Anda dan si kecil tetap baik.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap berkomunikasi baik dengan anak meski sibuk bekerja. Yang terpenting yang harus Anda ingat adalah bahwa kasih sayang orang tua tidak bisa digantikan dengan sesuatu yang lain. Selalu penuhi hak anak untuk mendapatkan kasih sayang tersebut serta selalu awasi dan bimbing anak dalam masa pertumbuhannya.

author