Menangani Anggota Keluarga Sedang Demam

Demam merupakan hal yang sangat mungkin menyerang salah satu anggota keluarga Anda. Penyakit yang satu ini, mudah sekali datangnya. Penyebab munculnya demam antara lain

Melihat anggota kluarga sakit demam, mungkin sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, karena dapat memperparah keadaan serta menimbulkan penyakit lainnya. Namun terkadang ada orang yang tidak suka minum obat atau dibawa ke dokter, sehingga harus dirawat sendiri di rumah.

 

anak demam

Pernah mengalami hal serupa? Lalu bagaimana menangani keluarga yang sedang demam? Anda tidak perlu panik. Simak berikut tips menangani anggota keluarga yang sedang demam:

  • Usahakan untuk memantau suhu tubuh pasien, misalnya dengan menempelkan tangan pada dahi pasien sebagai cara teradisional. Akan tetapi, lebih akuratnya jika menggunakan termometer.
  • Untuk mencegah terjadinya derhiderasi akibat meningkatnya suhu tubuh, berikan banyak cairan pada pasien.
  • Berikan nutrisi yang cukup dan seimbang agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat sehingga mampu mengatasi infeksi yang menyebabkan demam.
  • Kompres pada bagian seperti dahi atau perut dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuka pori pori tubuh dan melebarkan pembuluh darah tepi dikulit sehingga akan mempercepat penguapan.
  • Sebaiknya diberikan obat penurun demam (paracetamol) agar suhu tubuh segera normal.
  • Jika suhu badan tak kunjung turun, sebaiknya segera dibawa ke dokter terdekat.

Kesehatan memang mahal harganya. Jika kesehatan menurun banyak hal yang harus dikorbankan seperti waktu, biaya, bahkan nyawa. Oleh karne itu ada baiknya untuk terus menjaga kesehatan keluarga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat serta rutin berolah raga.

 

 

author