Merespons Kritikan Tanpa Melukai Hati

No comment 930 views

Apakah anda terbebas dari kritikan dan penolakan ? tidak ada seorang pun yang pernah terbebas dari kritikan dan penolakan. Sejak kecil kita pasti pernah di kritik atau di tolak, mungkin oleh orang tua kita sendiri atau oleh saudara kita sendiri atau oleh guru sekolah kita sendiri.

Bagi sebagian orang penolakan dan kritikan membuat diri mereka lebih kuat, namun demikian tidak sedikit pula orang yang bermasalah ketika menghadapi kritikan dan penolakan ini.

Kalau seandainya saat ini anda mempunyai masalah dalam menghadapi kritikan ataupun penolakan, dan ini semua membuat anda terhambat dalam hidup anda sehari-hari, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan anda, dan simaklah kiat-kiat berikut ini :

1. Jangan terlalu peka atau sensitif terhadap kritikan

Orang yang paling cepat tersinggung itu paling rendah harga dirinya. Mereka biasanya terluka oleh hal-hal yang di anggapnya mengancam ego atau harga diri nya.

Orang yang merasa tidak pantas, yang meragukan kemampuannya sendiri, dan yang mempunyai pandangan yang rendah tentang dirinya sendiri, akan mudah cemburu dan sakit hati hanya karena hal-hal kecil. Mereka terpusat kepada diri sendiri, terlalu mementingkan diri sendiri, sulit di ajak bergaul, dan egois.

Cara mengatasinya adalah Jangan Terlalu Mengambil Hati atau terlalu sensitif. Kalau anda ambil hati setiap sindiran, setiap percakapan yang anda dengar, anda akan mudah terpengaruh dan akhirnya termakan oleh kritikan tersebut. Itu artinya citra diri anda lemah. Selain itu kembangkan ego yang sehat dan kuat dengan membangun harga diri, lewat cara membangun citra diri yang memadai, realistik dan positif. Bila Citra diri sehat tidak akan mudah terluka Ketika seseorang mempunyai harga diri yang memadai, sindiran apapun tidak akan mengancam, melainkan di abaikan dan di biarkan lewat.

Orang yang mengejar sasaran-sasaran yang berarti dan mempunyai kesibukan yang berarti tidak akan ada waktu untuk memikirkan sindiran. Memikirkan sindiran itu buang-buang waktu baginya.

Ingatlah : Tidak ada orang yang bisa melukai hati anda tanpa se izin dari ada !!

2. Mengandalkan diri sendiri.

Orang yang tidak mampu mengandalkan diri sendiri, yang secara emosional merasa tergantung pada orang lain, menjadikan diri mereka paling rentan terhadap kritikan.

Orang yang tergantung serta pasif menyerahkan suasana hatinya di dekte oleh orang lain. Bila permintaannya di tolak, mereka menganggap penolakan itu adalah merendahkan diri-ego nya, sehingga mereka menjadi tersinggung dan benci atau marah.

Bila mereka mau percaya pada diri sendiri serta mengandalkan diri sendiri, maka citra diri nya akan lebih sehat dan kuat dan mampu mengatasi kritik, cemohan dan penolakan.

Adalah terpulang kepada masing-masing orang untuk mengembangkan sikap yang lebih mengandalkan diri sendiri. Bertanggung jawablah atas kehidupan anda sendiri dan kebutuhan emosional anda.

Kuncinya adalah percayalah pada kemampuan diri anda sendiri !!!.

3. Rileks

Ketika anda sedang tegang, anda akan mudah tersinggung atau marah. Penting untuk menyadari respons-respons anda sendiri, bukan respons orang lain. Anda bisa menjadi marah, cemas, atau benci serta tersinggung, bila anda sedang tegang; tetapi bila anda tetap rileks anda bisa membiarkan tanpa menaggapinya dan tidak merasa tersinggung.

Ketika anda tersinggung, perasaan itu seluruhnya adalah respons anda sendiri. Jadi, hati anda terluka itu karena sikap dan respons anda sendiri bukan perbuatan atau ucapan orang lain yang menyakiti.

Maka dari itu kalau tidak ada ketegangan di dalam diri anda, tidak mungkin terjadi luka di hati.

Usahakan anda tetap rileks dalam menghadapi suasana atau situasi apapun, sehingga anda akan mampu merespons kritikan dan penolakan dengan lebih baik.

Untuk benar-benar bisa rileks dalam menghadapi situasi apapun, sebaiknya perlu berlatih relaksasi setiap hari agar tubuh segar dan pikiran jernih.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tentu anda harus benar-benar serius mempraktekkan kiat-kiat ini ketika anda menghadapi permasalah tersebut. Dengan menggunakan kiat ini, pasti anda bisa belajar untuk mengatasi permasalahan itu dan akhirnya anda akan berhasil dan terbebas dari keterhambatan dan perasaan-perasaan tidak nyaman akan menghilang.

Salam Bahagia dan Sejahtera

Penulis : Soegianto Harton

Jika Anda tersentuh dengan renungan di atas, tolong “share” renungan ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber : topmotivasi.com )

author