Meringankan Bronkitis Pada Anak Dengan Beberapa Metode

Saat si kecil harus terserang penyakit, tentu hati orang tua mana yang tidak sedih melihatnya. Berbagai cara pun dilakukan agar anak kembali sehat dan beraktifitas kembali untuk bermain. Namun, tidak bisa sembarangan dalam mengobatinya mengingat kondisi serta reaksi tubuh mereka yang masih rentan membuat para ibu harus mengetahui secara pasti beberapa hal.Seperti penyakit bronchitis pada anak yang bisa menyerang siapa saja.

Nah, untuk meringankan penyakit yang satu ini, perlu kiranya memahami beberapa elemen pendukung seperti gejala dan penyebab sehingga didapat cara untuk mengobatinya. Adapun bronkitis ini sendiri adalah reaksi peradangan yang terjadi pada saluran napas besar. Jika terdapat reaksi, biasanya area tersebut akan memerah, membengkak dan memproduksi lendir yang agak banyak. Artinya, gejala si kecil menderita bronkitis adalah batuk yang biasanya disertai dengan dahak yang banyak.

bronkitis pada anakSetelah diketahui gejala yang muncul saat penyakit ini menyerang, maka tindakan selanjutnya adalah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Umumnya, bronkitis pada anak terjadi karena infeksi virus atau alergi. Berita baiknya, bronkitis ini sendiri tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, pastikan juga para orang tua memahami bila si kecil batuk tanpa disertai dengan dahak yang banyak, berarti bukan menderita bronkitis tapi bisa saja terjadi gangguan pada pita suara.

Untuk meringankan penyakit bronkitis pada anak, ibu bisa membantunya untuk melancarkan dahak agar dapat segera keluar. Caranya bisa dengan memberikan uap untuk dihisap secara perlahan atau menggunakan alat khusus yaitu humidifier.

Jangan lupa, untuk tetap memastikan kebutuhan nutrisi dan gizi melalui makanan agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Sayuran, buah hingga air putih sekalipun merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan selama bronkitis  masih tetap tinggal. Satu hal lagi, jauhkan anak dari hal yang bisa menimbulkan alergi.

Jika kurang memahami jka si kecil rentan dengan satu kondisi yang membuatnya kerap mengalami bronkitis, ada baiknya melakukan diskusi dengan dokter medis. Saran serta diagnosa yang dilakukan dipercaya akan mengurangi gejala serta kambuhnya bronkitis pada anak.

author