Mitos: Ari-Ari Bayi Harus Dikubur. Benarkah?

No comment 909 views

Plasenta atau ari-ari adalah suatu organ yang benar-benar mengagumkan, serta cuma sedikit ibu yang sempat melihatnya. Mereka ketahui keberadaannya tetapi cuma beberapa kecil yang bertanya atau mencermati himpunan jaringan pendukung utama kehidupan bayi didalam rahim. Plasenta terbagi dalam 200 lebih pembuluh serta vena halus, berupa serupa gumpalan hati mentah. Permukaan maternal yang melekat pada rahim, terlihat kasar serta berongga. Warnanya merah tua serta terdiri dari 15-20 benjolan cotyledon, yang disebut villi atau benjolan berupa jari. Permukaan fetus sangat lembut, dengan tali pusar umumnya ada dibagian tengah. Apabila tali pusar dibagian tepi dimaksud battledore plasenta.

Plasenta yang telah dewasa, berupa seperti piringan datar. Beratnya sekitar 500 gram, diameternya 20 cm (8 inci) tebal sisi tengahnya 2, 5 cm (1 inci). Ukuran serta berat plasenta sesuai dengan ukuran janin. Plasenta umumnya ada di bagian atas rahim, namun apabila ada dibagian bawah, maka dimaksud Plasenta Previa (Baca : Placenta previa).

Mitos: Ari-Ari Bayi Harus Dikubur

Menurut ajaran orang tua, ari-ari bayi mesti dikubur dalam tanah. Juga ada yang katakan tempat mengubur ari-ari mesti diberi lampu supaya jiwa sang anak terang. Bagaimana sebenarnya hal semacam ini menurut pengetahuan medis?

ari ari bayi dikubur

Contoh Ari-Ari bayi yang dikubur dan diberi penerangan

Faktanya : Dengan cara medis, keyakinan ini tak ada hubungan dengan kesehatan, perkembangan ataupun perubahan bayi. Jadi, jikalau ari-ari dibuang demikian saja tak jadi persoalan. Cuma saja, dengan cara norma, memanglah sebaiknya bila ari-ari atau plasenta tak dibuang demikian saja. Bagaimana juga, ari-ari adalah sisi dari badan bayi. Ini dapat jadi langkah antisipasi supaya tak ada orang yang bakal menyalahgunakan ari-ari serta plasenta ini untuk beragam maksud. Pada ari-ari serta tali pusat ada jaringan yang dapat jadikan bahan dasar kosmetik. Diluar itu, dalam plasenta ataupun tali pusat ada stem cell, yang disebut bibit kloning paling prima untuk bikin manusia baru. Tak heran bila di negara-negara maju telah di buat undang-undang yang melarang pemakaian stem cell untuk bibit kloning

Nah, kini anda mengerti perihal Ari-ari bayi beserta mitos yang tersebar. Untuk mengubur ari-ari, itu terserah anda sebagai orang tua dari si bayi. Sekian, semoga bermanfaat.

author