Normalkah Keputihan Pada Ibu Hamil?

No comment 774 views

Bagi setiap wanita, mengalami keputihan biasa terjadi apalagi menjelang masa menstruasi. Di dunia medis, keputihan ini sendiri disebut degan leucorrhea dimana karakteristiknya berwarna putih seperti susu, tipis dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Lantas, bagaimana dengan ibu hamil yang bisa terkena kondisi seperti ini padahal siklus menstruasinya terhenti akibat kehamilan? Apakah gejala ini masih dianggap normal atau justru menimbulkan hal yang berbahaya?

Adapun keputihan pada ibu hamil disebabkan meningkatnya estrogen sehingga aliran darah ke panggul semakin cepat. Yang pada akhirnya akan merangsang selaput lendir tubuh pada masa kehamilan. Tentu, kondisi ini normal adanya dan tidak menimbulkan resiko yang berbahaya bagi janin dan calon ibu. Namun, jika disertai dengan keluarnya secara terus menerus dan meninggalkan noda kuning kecoklatan serta sangat menimbulkan bau yang tidak sedap, maka sebaiknya diwaspadai.

Keputihan Pada Ibu Hamil : Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

keputihan pada ibu hamilMeskipun keputihan pada ibu hamil masih tergolong normal sepanjang sesuai dengan karakteristiknya, bukan berarti tindakan pencegahan tidak dilakukan. Hal ini penting agar kondisi ini tidak semakin parah dan memperburuk keadaan. Nah, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan seperti :

1. Hindari penggunaan tampon yang justru memudahkan bakteri baru untuk masuk ke dalam vagina. Gunakan pembalut yang khusus dibuat untuk kondisi ini dan gantilah sesering mungkin agar terhindar dari segala kemungkinan yang buruk.

2. Hindari penggunaan douche, yaitu satu obat yang dipercaya menyembuhkan keputihan. Hal ini penting karena dapat mengganggu keseimbangan dan justru semakin menimbulkan infeksi pada vagina. Bahkan, bakteri yang dibutuhkan akan hilang dan semakin memperbesar kemungkinan terjadinya komplikasi kehamilan.

3. Hindari untuk mengobati dengan cara sendiri dengan anggapan mendapatkan referensi dari beberapa sumber. Bisa jadi, keputihan yang terjadi bukan disebabkan oleh infeksi namun ada alasan lainnya.

Hal Yang Harus Dilakukan

Tentu, tindakan pencegahan haruslah dilakukan guna membersihkan keputihan yang sangat mengganggu dan beresiko. Apa saja yang harus dilakukan? Salah satunya adalah menjaga kebersihan dan menjauhkan dari kelembababan. Gunakan pakaian dalam yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik. Jadi, jangan takut saat keputihan pada ibu hamil terjadi.

author