Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Sekolah

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah tentu saja harus diperhatikan dengan baik oleh orang tua manapun. Dalam kategori ini, kita akan membahas mengenai hal makanan yang penting bagi pertumbuhan anak anda. pada usia sekolah, sudah seharusnya orang tua memberikan beragam makanan bergizi dalam rangka menunjang aktivitas anak. kita tentu tahu, bahwa aktivitas anak di usia sekolah begitu banyak, agar anak tidak sakit atau mengalami hal yang tidak diinginkan, maka makanan yang bergizi adalah wajib hukumnya. Beberapa makanan bergizi yang memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan fisik serta otak anak dapat anda lihat melalui penjelasan berikut ini.

Produk susu

Susu merupakan sebuah makanan yang mengandung banyak gizi. Beberapa yang terkenal dalam susu adalah protein, kalsium, kalium, mineral, dan vitamin D yang mampu menjaga pertumbuhan tulang anak. semua nutrisi penting tersebut merupakan sebuah sumber kunci dalam perkembangan enzim, jaringan otak anak, neuromuskuler, dan neurotransmitter.

Buah berry

Semua jenis buah berry seperti blueberry, blackberry, ceri, dan stroberi mempunyai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak seorang anak. buah tersebut juga memberikan kandungan antioksidan serta vitamin C yang mampu emncegah stress oksidatif serta menangkal radikal bebas dari dalam tubuh anak.

Gandum utuh

Di dalam gandum utuh, anak akan mendapatkan vitamin B yang sangat penting dalam rangka meningkatkan aliran darah sistem saraf. Hal tersebut adalah factor utama yang mampu menjaga semua organ tubuh untuk terus aktif termasuk otak anak. Oleh karena itu, oatmeal dan beras merah tentu saja sangat baik untuk anak. kemudian, tingkat energy bisa lebih baik karena memang gandum mempunyai karbohidrat kompleks yang mampu menjaga energy anak untuk terus hadir sepanjang hari.

Salmon

Ikan dengan tingkat lemak tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA. Ini adalah nutrisi penting untuk pengembangan otak yang tepat. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak.

Itulah beragam nutrisi dan makanan penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah.

author