Obat Alami yang Ampuh Atasi ISPA pada Balita

No comment 917 views

Balita sangat rentan terhadap beragam masalah kesehatan pernafasan atau infeksi saluran pernafasan (ISPA). Seperti pilek, batuk, radang tenggorokan, hingga asma. Menurut survey medis, rata – rata seorang balita dapat mengalami berbagai masalah tersebut 6 – 8 kali dalam kurun waktu satu tahun.

Mengingat frekuensi yang cukup besar tersebut, tentu pemberian obat – obatan medis akan sangat riskan untuk kesehatannya jangka panjang. Untuk itu jika bisa disembuhkan dengan bahan tradisional secara alami, kenapa tidak? Ya, bahan alami yang biasanya dari tumbuhan disekitar Anda jauh lebih sehat dan lebih aman dengan efek samping yang sangat minim. Namun untuk kasiatnya, tidak perlu diragukan.

Berikut ini beberapa jenis masalah kesehatan saluran pernafasan dan beragam obat tradisional yang efektif mengusirnya.

tbc

Obat tradisional untuk ISPA pada balita

  • Batuk vs Daun Tymian

Untuk mengatasi masalah batuk anak, daun tymian mungkin dapat Anda gunakan sebagai alternatif. Daun tymian mengandung minyak asiri yang berkasiat melemaskan bronkus , cabang tenggorokan, serta mampu menghilangkan dahak.

Caranya : campurkan 5 tetes minyak dari ekstrak tymian dengan 1 sdm minyak zaitun. Kemudian oleskan pada bagian dada anak guna memberikan sensasi hangat yang berguna melegakan dan mengusir batuk si kecil.

  • Pilek vs Garam dapur

Garam dapur dapat berkasiat sebagai zat yang mampu menguras lendir pada saluran pernafasan yang menyebabkan pilek. Selain itu bahan yang lebih dikenal untuk bumbu masakan ini juga dapat bekerja sebagai desinfektan.

Caranya: larutkan 1 sdt garam dapur ke dalam 500 ml air hangat. Kemudian teteskan pada lubang hidung anak dengan menggunakan pipet. Lakukan secara perlahan dan benar, pastikan larutan garam ini mengalir pada saluran yang tepat.

author