Obati Muntaber pada Anak dengan Resep Tradisional

Muntaber merupakan salah satu jenis penyakit yang paling rentan menyerang anak usia balita disamping diare. Muntaber adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di daerah perut yang umumnya menyebabkan frekuensi buang air besar meningkat disertai dengan muntah. Penyakit yang juga sering disebut dengan flu perut ini biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian perut, demam yang tak kunjung reda, tubuh lemas, kepala pusing, dan terkadang menyebabkan halusinasi karena dehidrasi yang cukup parah.

Selain menyebabkan dehidrasi yang cukup parah, muntaber umumnya akan menyebabkan nafsu makan anak menurun sehingga asupan nutrisi untuk tubuhnya juga tidak tercukupi dengan baik. Hal ini apabila tak segera diatasi tentunya akan memberikan dampak yang berbahaya bagi si kecil yang tengah tumbuh.

muntaber

Untuk mengatasi penyakit muntaber pada anak sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah pengobatan dengan cara alami atau resep tradisional. Cara ini umumnya banyak dipilih karena memang lebih aman dan relative lebih murah, namun hasilnya tak perlu diragukan. Berikut beberapa resep tradisional yang efektif mengatasi penyakit muntaber pada anak:

  • Daun jambu biji, pisang biji, dan teh

Caranya campurkan 7-9 lembar daun jambu biji muda, satu buah pisang biji muda, dan 1 sendok makan teh kemudian haluskan. Setelah itu campur dengan air hangat secukupnya, saring dan minum. Usahakan untuk meminumnya secar rutin 3 kali sehari agar khasiatnya maksimal.

  • Bawang putih dan garam

Caranya haluskan beberaap siung bawang putih kemudian campur dengan sedikit garam dapur, lalu seduh dengan air hangat. Minum ramuan ini 2 – 3 kali sehari.

  • Daun sambung muda

Caranya rebus sekitar 5 tankai daun sambung muda dengan 500 cc air hingga mendidih dan tinggal separuhnya. Minum ramuan daun sambung muda ini setiap hari secara rutin.

author