Orang Tua Cerdas, Bijak dalam Menegur Anak

Menjadi orang tua dan mengasuh anak tentu sangat menyenangkan, terlebih ketika anak dapat tumbuh menjadi pribadi penurut yang mudah diatur. Namun, tentu mengasuh anak juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kalanya anak – anak dengan keluguan dan kepolosannya melakukan sesuatu yang keliru atau tidak semestinya. Nah disinilah tugas orang tua untuk membimbing dan meluruskan perbuatan anak yang keliru aman dibutuhkan.

Akan tetapi dalam meluruskan atau menegur anak ketika berbuat kesalahan tentu tidak boleh dilakukan sebarangan. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan, karena terdapat cara – cara tertentu yang memang sangat tidak dianjurkan dalam menegur anak. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cerdas menegur anak yang melakukan kesalahan.

cara menegur

Tips Cerdas Menegur Anak

  • Orang tua cerdas selalu mengutamakan kasih sayang dalam menegur anak. Ya tak ada yang lebih baik yang bisa dilakukan orang tua dalam meluruskan kealahan anak, kecuali dengan sentuhan kasih sayang. Untuk itu selalu landasi ketegasan Anda sebagai orang tua dengan kasih sayang, ingatlah menegur anak dengan suara tinggi, membentak, atau memarahi justru akan menggagu psikis anak.
  • Menegur tidak harus selalu disertai hukuman. Sebagai orang tua yang cerdas tentu Anda paham bahwa setiap keselahan yang dilakukan anak adalah buah dari keluguan dan ketidaktahuannya. Maka dari itu memberi hukuman tentu bukan hal yang bijak. Lebih baik Anda memberikan bimbingan dan memahamkan anak mengenai sesuatu yang belum ia ketahu yang telah menyebabkan ia berbuat salah.
  • Hindari ucapan negatif yang melemahkan anak. Kata – kata negatif seperti “jangan”, “gak usah”, “tidak boleh”, dan sebagainya sangat tidak dianjurkan dalam menegur anak. Pasalnya kalimat – kalimat seperti ini hanya akan memunculkan paradigma negatif yang akan melemahkan diri anak. Ada baiknya Anda lebih cerdas memilih kata, misalnya dengan “Ayah lebih senang kalau…..”.
author