Panduan Aman Merawat Kuku Bayi

No comment 702 views

Kuku bayi ternyata dapat tumbuh lebih cepat dari pada kuku orang dewasa. Pertumbuhan yang terjadi relative cepat ini tentu harus mendapatkan perhatian khusus dari sang ibu. Pasalnya kuku bayi yang telah panjang dapat menimbulkan resiko, baik bagi si kecil maupun bagi Anda. Tidak jarang bayi mengelami luka pada daerah wajah karena cakaran kukunya sendiri. Hal seperti ini tentu tidak Anda inginkan bukan?

Oleh sebab itu lakukanlah perawatan kuku bayi dengan secara rutin memotongnya. Untuk kuku tangan sangat dianjurkan Anda memotongnya setiap 3 atau 4 hari sekali, sedangkan untuk kuku kaki yang pertumbuhannya relative lebih lambat Anda dapat melakukannya seminggu sekali.

Pemotongan kuku bayi hendaknya dilakukan sehabis mandi, karena pada saat inilah kuku bayi akan sedikit lebih lunak. Namun jika bayi Anda rewel sehingga sangat susah ketika akan dipotong kukunya, Anda dapat melakukannya ketika si kecil tengah tidur. Tentunya haris dilakukan dengan perlahan dan berhati – hati.

kuku

Panduan aman memotong kuku bayi

  1. Pastikan gunting kuku khusus bayi yang digunakan dalam keadaan steril. Untuk itu bersihkan terlebih dulu dengan menggunakan kapas yang telah di basahi dengan alcohol 70%
  2. Ketika memotong kuku bayi, usahakan untuk sedikit menekan bagian bawah kukunya. Tujuannya adalah agar jari bayi tidak terkena gunting kuku.
  3. Dalam memotong kuku bayi Anda tidak perlu memotongnya sampai habis, karena hal ini sangat riskan menyebabkan jarinya terluka. Usahakan untuk menyisakan sedikit kuku sekitar ½ sampai 1 mm.
  4. Jika terdapat kotoran pada kukunya, bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang dibasahi air matang.
author