Panduan Cerdas Melegakan Hidung Tersumbat pada Bayi

Cuaca yang tak menentu seperti saat ini rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi. Salah satu masalah atau gangguan kesehatan yang kerap menyerang bayi berkenaan dengan cuaca ini adalah flu. Penyakit yang umum disebabkan oleh virus infuenza ini memang dapat dengan mudah menyerang tubuh bayi yang memiliki sistem imun tubuh yang relatif rendah.

Flu pada bayi biasanya disertai dengan gejala hidung tersumbat yang menyebabkan bayi sulit bernafas. Akibatnya bayi akan menjadi sering rewel dan membuat ibu resah. Terlebih masalah ini terjadi pada si mungil yang tentu tak boleh diperlakukan sebarangan dalam mengatasi masalah hidung tersumbat ini. Pasalnya jika Anda salah melakukan penanganan justru dapat menimbulkan infeksi pada saluran hidungnya sehingga akan menyebabkan masalah semakin parah.

Untuk itu penting bagi Anda memahami betul bagaimana langkah – langkah mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Bingung bagaimana caranya? Tips berikutini akan sedikit memberikan panduan pada Anda bagaimana melakukannya secara benar.

hidung

Cara aman melakukan sedot ingus pada bayi

  1. Pertama pastikan Anda menggunakan penyedot ingus khusus bayi yang terjamin keamanannya. Penyedot ini biasanya berbentuk pipet dengan ujung yang sangat lembut.
  2. Selanjutnya pastikan pula alat yang akan Anda gunakan bersih dari bakteri dan kuman berbahaya. Caranya bersihkan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi alkohol 70%.
  3. Buat si kecil tetap tenang sebelum dan selama penyedotan. Jika perlu mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya.
  4. Masukkan secara perlahan dan hati – hati alat penyedot tersebut ke hidung bayi sambil menekan karet pipet. Kemudian lepaskan secara perlahan dan tarik keluar. Lakukan beberapa kali hingga ingus yang menyumbat hidungnya dapat berkurang.

 

author