Panduan Ibu Merawat Gigi Susu Si Kecil

No comment 575 views

Satu hal yang membuat seorang ibu senang bukan main melihat perkembangan buah hatinya adalah ketika gigi susu si kecil mulai tumbuh, mulai satu demi satu hingga akhirnya lengkap. Tumbuhnya gigi merupakan sebuah pertumbuhan dan perkembangan yang mendukung sistem pencernaan si kecil. Ketika awalnya si anak baru bisa mekonsumsi jenis makanan lembek seperti bubur, dengan tumbuhnya gigi ini tentu si kecil sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan yang lebih padat seperti biskuit gandum.

gosok gigi

Nah melihat hal tersebut tentu setiap ibu tak ingin gigi susu si buah hatinya rusak dan si kecil mendrita dengan masalah tersebut. Untuk itu melakukan perawatan gigi anak harus sudah mulai dilakukan dan dibiasakan sedini mungkin sejak gigi mulai tumbuh. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang dapat ibu lakukan untuk menjaga gigi susu tetap sehat:

  • Kurangi pemberian makanan manis

Makanan manis merupaka kegemaran anak – anak, namun tanpa disadari terlalu banyak memakan makanan manis dapat mengganggu dan merusak gigi. Oleh sebab itu membatasi jumlah makanan manis pada anak merupakan salah satu langkah bijak untuk merawat kesehatan giginya.

  • Ajarkan minum dengan gelas

Meminum susu dengan menggunakan gelas jauh lebih sehat dibanding dengan menggunakan botol susu. Mengapa? Karena minuman yang mengandung gula seperti susu fomula ini, jika diberikan dengan menggunakan botol akan menetes pada bagian gigi tertentu secara konstan dan terus menerus. Hal ini dapat merusak gigi susunya. Oleh sebab itu jika si kecil memang sudah bisa dan memungkinkan minum susu dengan gelas, segera biasakan ia meminum susu dengan gelas.

  • Sikat gigi secar rutin

Sikat gigi yang dianjurkan oleh kesehatan adalah dua kali sehari, aturan ini pun sudah mulai berlaku untuk gigi susu si kecil. Gunakan sikat gigi lembut kusus anak yang sekarang telah banyak dijual dipasaran. Sedangkan untuk pasta gigi gunakan pasta gigi yang berasa buah, sehingga anak akan lebih tertarik.

Demikian beberapa tips merawat gigi susu si kecil agar tetap sehat dan kuat.

author