Panduan Kesehatan Ibu Hamil

No comment 436 views

Memerhatikan kesehatan selama masa kehamilan merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalani oleh seorang ibu hamil. Pasalnya kesehatan sang ibu akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan proses pertumbuhan sang janin. Kondisi kesehatan ibu yang baik akan menunjang pertumbuhan yang baik pula pada kandungannya, sedangkan kondisi kesehatan yang buruk sebaliknya akan mengganggu dan menghambat perkembangan janin dalam kandungan.

Oleh sebab itu seorang ibu hamil harus betul – betul menjaga dan memelihara kesehatan tubuhnya. Untuk melakukan hal ini tentu ada beberapa kiat khusus yang dapat dijadikan sebagai panduan kesehatan ibu hamil.

tips ibu hamil

Pertama adalah dengan memenuhi asupan nutrisi. Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dibanding dengan orang normal, untuk itu ketercukupan dan keseimbangan nutrisi harus benar – benar diperhatikan. Caranya dengan mengatur pola makan dan diet sehat serta menjauhi jenis makanan yang dapat mengganggu kandungan seperti rokok dan alcohol.

Kedua menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Olah raga berguna untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat membuat tubuh menjadi fresh. Olah raga juga dapat mengurangi resiko terserang stress saat hamil. Olah raga yang cocok untuk ibu hamil adalah olah raga ringan yang tak membutuhkan banyak tenaga, seperti jalan santai dan yoga.

Selanjutnya menghindari pekerjaan yang berat. Ibu hamil tentunya harus extra hati – hati dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Usahakan untuk menghindari pekerjaan berat yang dapat menguras stamina, karena hal ini secara tidak langsung dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

Demikian beberapa kiat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Selain melakukan ketiga hal diatas kami menyarankan untuk melakukan periksa dan konsultasi secara rutin ke dokter kandungan guna mengetahui kondisi kesehatan dan perkembangan kandungan tiap waktunya.

author