Panduan Mengatasi Panas Demam pada Bayi

No comment 656 views

Bayi demam atau suhu tubuhnya mendadak meningkat tak normal, tentu sangat mengkhawatirkan dan tak jarang membuat ibu panik. Bagaimana tidak, ketika bayi mengalami panas tinggi akan terjadi berbagai perubahan tingkah laku yang mengarah pada kesehatannya seperti sering rewel, susah makan, dan susah tidur. Namun sebenarnya kondisi seperti ini tak perlu terlalu dikhawatirkan namun juga tak boleh dispelekan.

Panas atau demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu pertanda bahwa sistem imun dalam tubuh si kecil telah aktif dalam melawan benda asing yang dapat berupa bakteri, firus, jamur, atau yang lainnya. Demam pada bayi ini sebenarnya dapat pulih secara berangsur – angsur dengan sendirinya, namun tentu seorang ibu juga tidak akan tega untuk membiarkan si kecil terus menderita dalam keadaan suhu tubuh yang tinggi. Untuk itu salah satu hal yang dapat dilakukan ibu adalah dengan mempercepat proses penurunan panas atau demam bayi, sehingga sikecil dapat kembali sehat.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasai panas demam pada bayi ini, diantaranya sebagai berikut:

bayi

  • Kompres dengan air hangat

Cara ini cukup mudah dan efektif menurunkan panas bayi jika suhu si kecil belum terlalu tinggi, misalnya dibawah 38.50 celcius. Ingat gunakan kompres dengan air hangat, jangan air dingin karena mengkmpres dengan air dingin atau es justru dapat meningkatkan demam bayi.

  • Berikan suasana yang sejuk

Menciptakan suasana yang sejuk pada bayi dapat dilakukan dengan cara memakaikan baju berbahan tipis dan dapat menyerap keringat. Selain itu perhatikan juga sirkulasi udara dan suhu dalam ruangan agar tetap sejuk. Ingat! Anggapan orang jaman dulu bahwa ketika demam bayi harus diselimuti rapat – rapat adalah salah. Hal seperti ini justru akan semakin memperparah demam bayi karena tubuh bayi justru akan menyerap uap panas yang dihasilkan oleh perlakuan ini.

  • Berikan asupan ASI yang cukup

Bayi panas atau demam memiliki potensi untuk kekurangan atau kehilangan cairan tubuh lebih cepat katimbang keadaan normal, sehingga beresiko dehidrasi. Nah untuk mencegah atau menanggulanginya Ibu dapat memberikan asupan ASI ekslkusif yang cukup untuk mensuplay cairan dalam tubuh bayi. Selain itu ASI juga mengandung kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas bayi, sehingga akan sangat membantu proses percepata penyembuhan.

  • Berikan obat penurun panas

Cara ini merupakan cara terakir yang dapat ditempuh untuk menurunkan demam bayi. Lakukan pilihan terakir ini jika memang panas yang dialami bayi tak kunjung turun setelah beberapa hari atau semakin meningkat melebihi 38.50 celcius. Konsultasikan kedokter dan mintalah petunjuk untuk obat penurun panas yang tepat untuk bayi Anda. Usahakan jangan asal memberikan obat penurun panas tanpa resep dokter.

Nah demikian tadi beberapa cara untuk menurunkan panas demam si kecil. Yang perlu digaris bawahi adalah dalam mengatasi masalah ini usahakan untuk tetap bersikap tenang dan tidak panic, sehingga Anda tau apa yang harus Anda lakukan.

author