Panduan Pemberian Makan Anakan kucing

No comment 649 views

Jika ditanya, binatang apa yang paling banyak dipiara? Mungkin banyak orang akan menjawab kucing. Benar saja, kucing menjadi salah satu binatang piaraan favorit diantara jenis binatang lainnya. Bulunya yang lembut, penampilannya yang lucu dan menggemaskan menjadi beberapa alasan mengapa kucing banyak dipilih sebagai hewan piaraan. Terlebih ketika si kucing masih kecil, kelucuanya akan semakin nampak seiring dengan sifat manjanya dengan sang induk.

Nah bagi anda yang termasuk salah satu pecinta kucing, tentu anda sudah paham betul bagaimana cara merawat dan mengurus kucing agar tetap sehat. Terlebih kucing kecil yang masih sangat rentan terhadap gangguan kesehatan.

Berbicara mengenai masalah perawatan kucing kecil atau anakan kucing, ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama. Selain masalah kandang, umumnya seseorang akan sangat memperhatikan perihal makanan untuk anak kucing ini. Yap makanan untuk anak kucing memang sangat perlu mendapat perhatian, karena anak kucing membutuhkan nutrisi yang tepat agar tumbuh sehat dan cepat. Lantas apa sih makanan yang dianjurkan untuk anakan kucing?

anak kucing

Makanan Anak Kucing

Untuk anakan kucing yang baru lahir hingga usia sekitar 5 minggu, asupan makanan utamanya hanyalah susu dari sang induk. Belum perlu diberi jenis makanan tambahan, karena susu dari sang induk sudah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi pada tahap ini.

Barulah ketika anak kucing memasuki umur 5 bulan ke atas, makanan tambahan bisa diberikan setahap demi setahap sambil dilakukan proses penyapihan. Jenis makanan yang harus diberikan pada anakan kucig usia ini haruslah yang mengandung semua kebutuhan nutrisinya. Meliputi lemak, protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral mikro. Untuk makanan tambahan anak kucing sendiri dapat dibeli dengan mudah di toko penyedia pakan hewan.

author