Panduan Tepat Mengajarkan Anak TK Membaca Secara Cepat.

Mengejarkan membaca pada anak balita khususnya yang telah masuk Taman Kanak – Kanak (TK) sebenarnya cukup mudah jika seorang ibu telah memahami tips dan trik nya. Kondisi otak anak yang masih sangat fresh merupakan keuntungan tersendiri karena anak dapat mudah menghafal, termasuk menghafal huruf dan angka. Anak usia TK memang sudah harus diajari membaca, oleh sebab itu, untuk apa menunda – nundanya. Namun bagaimana caranya? Tentu Anda tak perlu bingung karena pada artikel kali ini akan dibahas mengenai panduan tepat mengajarkan anak membaca secara cepat.

anak membaca

Tips mengajarkan membaca anak TK

  1. Ciptakan suasana gembira saat belajar membaca. Sebelum dan selama kegiatan belajar membaca usahakan untuk membuat hati si kecil gembira, sehingga ia akan merasa nyaman ketika belajar. Dengan demikian anak akan merasa betah dan tak mudah bosan untuk belajar membaca.
  2. Gunakan pendekatan atau metode yang tepat untuk anak. Sebelum memulai belajar membaca Anda dapat terlebih dulu membacakan sebah cerita dari buku, dengan demikian anak diharapkan akan tertarik sehingga akan muncul semangat dalam dirinya untuk belajar membaca.
  3. Ajarkan mulai dengan kata yang mudah dan sering digunakan. Artinya Anda lebih baik mengajarkan anak beberapa kata terlebih dahulu sebelum mengajarkan huruf alpabet secara keseluruhan. Misalnya ajarkan anak untuk membaca dan menulis namanya sendiri, ibu, dan ayah. Hal ini berguna untuk memancing dan merangsang anak untuk menghafal seluruh huruf alpabet.
  4. Jangan pernah memaksa anak. Ingat belajar untuk anak haruslah sesuatu yang menyenangkan sehingga sebisa mungkin hindarilah ketegangan ketika belajar. Salah satu caranya adalah jangan memaksa anak ketika ia benar – benar tidak mau.

Nah beberapa hal di atas dapat Anda gunakan sebagai panduan mengajari anak membaca. Terus pantau perkembangan anak dan jika metode yang Anda gunakan belum juga berhasil, cobalah untuk bereksperimen dengan metode yang lain.

author