Panyebab dan Panduan Menangani Bayi Muntah

No comment 550 views

Muntah merupakan hal yang wajar dialami oleh bayi bahkan ketika bayi baru lahir sekalipun. Bayi muntah umumnya dapat melalui mulut maupun hidung. Jika Anda mendapati si kecil muntah maka Anda tak perlu panik dan kawatir berlebihan, yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya.

Penyebab bayi muntah dapat bermacam – macam dan sebaiknya sebagai seorang ibu Anda harus benar – benar memahaminya. Umumnya bayi muntah disebabkan oleh beberapa hal berikut: terlalu banyak minum ASI (kekenyangan), terlalu banyak gelembung udara yang terserap ketika bayi menyusu, bayi tengah mengalami flu atau batuk – pilek, atau karena gangguan kesehatan lain seperti hernia. Untuk bayi berusia di atas 6 bulan dapat juga disebabkan oleh pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang salah.

Nah jika bayi Anda mengalami muntah apa pun penyebabnya, segera lakukan penanganan pertama untuk si kecil, seperti di bawah ini.

bayi muntah

Panduan penanganan awal untuk bayi muntah

  • Jangan panic dan segera bersihkan mulut bayi dari muntahan yang dikeluarkan. Tujuannya untuk mengantisipasi agar muntahan tidak masuk ke saluran pernafasan.
  • Jangan terburu – buru member minum pada bayi, biarkan bayi tenang dulu baru berikan minum.
  • Hentikan sementara pemberian minum dan makanan jika bayi semakin sering muntah.
  • Hindari member minum dan makanan pada si kecil dalam posisi tidur. Usahakan untuk memposisikan bayi dalam keadaan setengah duduk.
  • Segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut jika muntahnya tak kunjung berhenti atau lebih dari 10 kali dalam sehari.

Demikian sekilas mengenai penyebab dan bagaiamana cara yang tepat dalam melakukan penanganan pada bayi muntah. Semoga bermanfaat.

author