Penanganan Diare pada Balita

No comment 909 views

Penanganan diare pada balita sudah seharusnya dilakukan dengan cara yang begitu cepat. Diare memang merupakan salah satu penyakit yang patut diwaspadai dan tercatat begitu sering terjadi pada seorang balita. Jika tidak ditangani dengan baik dan cepat, maka bukan tidak mungkin akan menyebar ke sakit lainnya hingga menyebabkan balita sangat kurus. Tentu saja, penanganan terbaik yang bisa dimiliki oleh orang tua adalah menyegerakan pergi ke dokter, namun ada banyak orang tua yang belum sempat atau terganjal mengenai masalah tertentu.

Oleh karena itu, kami memberikan penanganan diare pada balita yang bisa dicoba sendiri di rumah Anda.

Memberikan oralit

Oralit merupakan cairan yang berfungsi sebagai penghenti diare. Membuat larutan garam dengan menggunakan oralit juga tidak terlalu sulit. Karena Anda cukup menyediakan satu bungkus oralit yang dicampur dengan air masak berjumlah 200 ml. selain itu, sebagai alternatif oralit Anda juga bisa membuat larutan garam.

Tetap berikan nutrisi terbaik

Balita yang mengalami diare memang susah makan, namun Anda jangan sampai membiarkan keadaan ini berlarut. Tetaplah berikan mereka makan dengan beragam makanan bergizi dan lakukan secara sedikit demi sedikit. Terapkan dengan teratur dan berikan anak Anda ASI juga secara konsisten apabila ia masih dalam tahap pemberian ASI.

Makanan yang ada juga sebaiknya merupakan makanan yang mempunyai tekstur sangat lembut sehingga cepat dikunyah dan tidak emmberatkan pencernaan balita. Anda bisa memberikannya bubur dengan beragam sumber protein dan serat sebagai pembangkit energi serta pembaik pencernaan.

Hindarkan anak dari dehidrasi

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan dehidrasi pada tingkat tinggi. Hal ini tentu saja wajar karena penyakit diare akan menguras cairan yang ada di dalam tubuh anak. Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi anak agar dehidrasi dapat tercegah. Berikan cairan seperti sup, air putih, ASI, dan tentu saja oralit.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penanganan diare pada anak. Semoga dapat membantu Anda dan berhasil ketika dipraktikkan.

author