Penanganan Penyakit Kuning pada bayi di rumah

Penyakit kuning merupakan penyakit yang lama-kelamaan akan membahayakan Si Bayi. Hal ini dikarenakan peningkatan bilirubin pada tubuh dapat menjadi toksik dan berbahaya terhadap sistim saraf pusat bayi. Kasihan sekali bukan jika melihat anak Bunda mengidap penyakit seperti ini? Oleh karena itu, bunda harus segera aware untuk mengenali tanda-tanda penyakit kuning harus dibawa ke dokter jika memang sudah parah.

Untuk awal-awal, sebenarnya bunda dapat mengidentifikasi penyakit kuning pada bayi dengan melihat perubahan warna anggota-anggota tubuh seperti mata, lutut, lengan, yang mulai menguning. Nah, ketika belum parah, Prof. Dr. H. Guslihan Dasa Tjipta, SpA(K) menyarankan agar bunda menangani penyakit kuning bayi di rumah sendiri sebagai pertolongan pertama sebagai berikut:

1. Berikan ASI yang cukup (8-12 kali sehari)

Asi ini akan sangat membantu untuk penyembuhan, serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

2. Dengan bantuan sinar matahari

Faktanya, matahari mampu membantu memecah bilirubin sehingga lebih mudah diproses dalam hati. Caranya adalah, tempatkan bayi pada jendela (tempat yang ada sinar mataharinya langsung) pada jam 7-8 agar tidak terlalu panas. Atur posisis agar kepala dan wajah tidak menghadap sinar matahari langsung. Usahakan sinar matahari mengenai kulit secara merata. Lakukan penyinaran selama 30menit, yaitu 15 menit terlentang dan 15 menit tengkurep.

bayi nangis

Itulah tips praktis menangani bayi dengan penyakit kuning di rumah. Selamat mencoba, semoga anak Bunda lekas sembuh. Amin.

author