Penanganan Saat Si Kecil Susah Buang Air Besar

No comment 432 views

Anak Anda tidak buang air besar selama beberapa hari dan perutnya tampak bengkak Kemungkinannya hanya Masalah sembelit biasa. “Ketika saluran fesesnya tidak bergerak, maka ususnya bisa terisi dengan feses, ini dapat membuat perutnya tampak bengkak,” kata Dr. Brown. Sembelit adalah masalah umum pada batita. Ini kerap terjadi ketika anak berpindah dari susu formula atau ASI ke susu sapi dan ketika dia sedang berlatih menggunakan toilet (potty training). Banyak anak yang takut menggunakan toilet dan memegangnya. Hal ini bisa membuatnya bertambah sakit dan mengalami kesulitan buang air besar.
Anak yang sembelit kemungkinan akan sering buang angin dan menolak makan.

Cara mengatasinya? Beri dia buah, bahkan beberapa ons prune atau jus apel sehari bisa membantu, sayur, cairan, atau gandum murni. Jika dia tidak buang air besar kurang lebih dalam seminggu, hubungi dokter anak Anda. “Tanyakan apabila penggunaan pelunak feses yang bisa diberi lewat mulut (oral stool softener) atau laksatif bersamaan dengan serat dalam jumlah banyak serta air akan membantu,” kata Dr. Brown.

Kapan harus khawatir: Apabila perut si kecil benar-benar bengkak dan terasa sakit, atau anak Anda tidak buang air besar dalam beberapa hari atau justru mengeluarkan kotoran yang hitam dan seperti jelly, disertai muntah, Anda perlu segera membawanya ke UGD. Ini adalah tanda usus tersumbat yang terjadi ketika ususnya terbelit. Dia butuh segera dioperasi.

Sumber: parentsindonesia.com

author