Pengantar tidur; Angsa Bertelur Emas

No comment 1147 views

Dongeng anak nusantara banyak sekali macanya. Mungkin sebagian sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sudaj saatnya kita memperdengarkan cerita tersebut kepada anak. Untuk mereview kembali, berikut adalah cerita Angsa berteur emas:

anak

Suatu hari di sebuah pedesaan, hidup sepasang suami istri. Mereka memelihara seekor angsa yang ia rawat sejak kecil. Ketika beranjak besar, angsa betina tersebut mulai bertelur.

Pada pagi hari, Sang Suami menghampiri angsanya untuk memberi makan. Sungguh terkejut ketika melihat ada emas berbentu telur tergeletak di kandang angsa. Ia langsung berteriak, “ Istrikuuu, ada telur emas, ada telur emas!”

Sang Istri langsung menghampiri suaminya. “Masa’ ini telur angsa kita Pak? Ibu gak percaya. Coba kita tengok lagi besok, ada telur emas lagi tidak.”

Lalu keduanya kembali kerumah dan berharap hari esok segera tiba. Waktu terus berjalan hingga apa yang mereka harapkan tiba. Pagi itu, sepasag suami-istri ini langsung bergegas ke kandang. Apa yang mereka temukan? Ya, telur emas lagi. Sang Istri berkata, “Pak, kita akan cepat kaya dengan teur emas ini. Biar kita gak usah nunggu Angsa ini bertelur setiap hari, lebih baik kita ambil saja telurnya langsung dari perut angsa.

Oleh karena ketamakan dan keinginannya untuk cepat kaya, Sang suami melakukan apa yang Istrinya katakan. Akhirnya angsa disembelih dan tidak ada telur emas dalam perutny. Hanya ada organ-organ tubuh layaknya angsa pada umumnya. Lalu sepasang suami-istri ini menyesal karena ketamakannya.

Nantikan serial dongeng sebelum tidur lainnya!

 

author