Pengaruh Sikap Mental

No comment 557 views

Sikap adalah kebiasaan pikiran atau pola pikir. Jika anda ingin mengubah sikap, anda harus mengubah pola pikir.

Sikap anda mendefinisikan diri anda. Definisi diri anda adalah satu fungsi dari pilihan spesifik yang anda ambil. Anda berada di posisi anda saat ini dan menjadi orang dengan karakter seperti yang anda miliki saat ini karena pikiran yang mendominasi di benak anda. Jadi kesimpulannya adalah kita adalah seperti yang kita pikirkan – bukan seperti penampilan luar kita.

Sikap mempengaruhi pandangan anda :

1. Kepercayaan pada Potensi Diri.

Bila anda memandang negatif pada diri sendiri, anda tidak akan menemukan potensi terbesar yang anda miliki. Hanya melalui pandangan positiflah anda akan melihat kemampuan terbesar yang anda miliki.

2. Cara memandang tantangan.

Bila anda bersikap negatif, anda akan merasa takut menghadapi tantangan, dan mundur sebelum bertempur. Keberanian muncul ketika kita bersikap positif terhadap tantangan.

3. Rasa Percaya Diri.

Pandangan negatif pada diri sendiri membuat anda merasa kurang percaya diri. Bila anda senantiasa memandang sudut positif dari diri anda, pasti menemukan kemampuan dan potensi yang terbaik diri anda, dimana inilah yang membankitkan rasa percaya pada diri sendiri.

4. Cara anda melihat kesempatan.

Bila anda bersikap negatif, kesempatan-kesempatan yang melintas dihadapan anda akan anda pandang secara ragu-ragu. Anda akan merasa pesimis melihat berbagai kesempatan itu. Anda tentu tidak akan berani menangkap kesempatan itu untuk di realisasikan.

Dengan memahami keempat pengaruh sikap ini, anda akan tahu seperti apa diri anda saat ini, bila anda ingin lebih baik, anda harus berubah.

Sebetulnya, Sikap negatif dapat di ubah, dengan terlebih dahulu anda harus memilih untuk berubah. Kemauan yang kuat dan tekad, itulah yang dapat mengubah sikap anda.

Untuk mengubah sikap, kita harus mau melihat kedalam, menilai diri sendiri secara positif, jangan terus menerus memandang kelemahan dan kekurangan, tetapi temukan kekuatan dan kelebihan diri sendiri.

Kalau anda merubah cara pandang terhadap diri sendiri, dan memandang pada kemampuan terbesar yang anda miliki – melihat secara positif, tentu anda akan bisa memandang segala hal juga dengan cara pandangan yang positif. Dengan cara pandang terhadap diri sendiri yang mengarah pada hal-hal yang positif, anda akan mempu mengubah sikap anda – sikap positif.

Pesan dari tulisan ini adalah : “ Untuk meraih keberhasilan dalam hidup, kita harus memiliki sikap yang positif “.

Penulis : Soegianto Hartono

Jika Anda tersentuh dengan renungan di atas, tolong “share” renungan ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber : topmotivasi.com )

author