Pengertian dan Resiko Bayi Tabung

No comment 667 views

Arti tube baby atau bayi tabung dalam bahasa kedokteran di kenal dengan sebutan ‘IVFET’ (in vitro and embrio transfer) atau dalam khazanah islam di kenal dengan ‘thfl al anabib’ atau ‘athfal al-anbubah’. Dengan cara tekhnis kedua arti ini mempunyai perbedaan yang cukup vital, walau mempunyai maksud yang nyaris sama, yaitu untuk mengatasi persoalan infertilitas atau kemandulan.

Ilustrasi bayi tabung

Ilustrasi bayi tabung

Pengertian Bayi Tabung

Secara umum, bayi tabung yaitu sistem pembuahan yang tidak dengan cara alami, yakni dengan pengambilan sel sperma sang suami serta sel telur sang istri yang lalu diletakan pada tempat pembuatan yang disebut salah satu diantara banyak teknologi moderen. Dan pengertian secara biologis yakni sistem pembuahan sperma dengan ovum, dipertemukan di luar kandungan pada satu tabung yang dirancang dengan cara khusus.

Program bayi tabung yaitu satu teknik rekayasa reproduksi dengan mempertemukan sel telur masak serta sperma di luar badan manusia (In vitro fertilizition). Teknik tersebut saat ini jadi makin diminati oleh pasangan yang susah memiliki keturunan. Walau membutuhkan pengorbanan serta ongkos yg tidak sedikit. Sebelum saat melaksanakan program bayi tabung dianjurkan untuk pasangan suami istri baiknya konsultasi ke dokter untuk mengerti prosedur, kesempatan serta dampak tentang program ini. Hal semacam ini dikerjakan untuk memudahkan serta menaikkan kesiapan mental untuk pasangan suami istri.

Tak hanya kesempatan kehamilan, ada juga lebih dari satu aspek sebagai dampak dari bagi pasangan suami istri yang bakal melakukan program bayi tabung. Serta itu mesti dihadapi jika telah mengambil keputusan program bayi tabung untuk pilihan utama dalam memperoleh keturunan. Resiko program bayi tabung diantaranya :

1. Resiko stimulasi indung telur yang berlebihan, menyebabkan kembung, mual dan muntah.

2. Resiko bayi akan kembar lebih dari dua, karena embrio yang dimasukan ke rahim terlalu banyak.

3. Resiko adanya infeksi dan pendarahan karena pengambilan sel telur menggunakan jarum.

4. Resiko alami keguguran karena hamil diluar kandungan.

4. Resiko terakhir yaitu biaya, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya bayi tabung.

 

Sekian tentang Pengertian dan Resiko Bayi Tabung

author