Pengetahuan Adalah Kekuasaan

No comment 369 views

Individu-individu yang paling efektif memahami bisnis mereka luar dan dalam. Mempelajari seluruh pekerjaan di dalam industri mereka.  Jika anda memperoleh pengetahuan tentang suatu kesempatan, tetapi keinginan serta motivasi anda tidak meningkat, maka kemungkinan kesempatan tertentu tersebut bukanlah hal yang tepat untuk anda. Barangkali kesempatan tersebut tidak dapat memaksimalkan titik-titik kekuatan anda atau tidak sesuai dengan minat anda. Pekerjaan yang tepat adalah pekerjaan yang mampu meningkatkan semangat, motivasi dan membuka kejeniusan diri kita.

Pengetahuan akan meningkatkan rasa percaya diri. Ketika anda paham apa yang sedang anda katakan, anda dapat mengejar goal dengan antusias karena rasa percaya diri memberi anda pandangan yang lebih jelas tentang goal anda dan menciptakan keinginan yang cukup kuat untuk menyapu habis hampir semua kendala apa saja.  Pengetahuan adalah tulang pungung mental yang kokoh sementara kebodohan itu lemah dan tidak jelas.

Formula Kesuksesan

SIKAP MENTAL  + PENGETAHUAN +  TINDAKAN  = SUKSES

Langkah.1 : Identifikasi pengetahuan yang umum

Membaca apa saja yang penting buat usaha anda. Bertanya kepada ahli-ahli / orang yang kompeten pada bidang tertentu. Mendengarkan. Memahami semua hal terkait dengan bisnis anda luar dan dalam dan tentu saja harus lebih banyak dari apa yang di ketahui oleh para kompetitor.

Langkah.2 : Dapatkan pengetahuan baru

Setelah mempelajari pengetahuan dasar yang di pahami oleh setiap orang mengenai perusahaan, industri, produk atau pelayanan, berusahalah mencari suatu pengetahuan baru dengan rajin. Anda bisa membaca buku-buku yang berkaitan dengan bisnis, manajemen, keuangan dan teknologi. Manfaatkan sarana internet untuk menggali sumber informasi yang bisa membantu memperluas wawasan anda.

Langkah.3 : Ciptakan Pengetahuan baru

Setelah mempelajari informasi dari beragam sumber, maka :

Pikirkan
Analisalah
Menyarikan konsep terbaik.

Mengkombinasikan gagasan terbaik, dan menciptakan sebuah titik pandang yang baru atau cara-cara yang inovatif untuk menyediakan produk dan layanan yag sudah di tingkatkan.

Langkah.4 : Pimpin dan kelola orang yang bekerja dengan pengetahuan

Sharing pengetahuan dan diskusi dengan orang-orang di dalam perusahaan, yang bertujuan untuk mendorong orang belajar, berbagi dan menjajagi berbagai cara yang mungkin untuk melakukan pekerjaan mereka lebih baik lagi.  Jika kita memberikan dorongan-dorongan, mereka akan dapat menemukan banyak gagasan-gagasan baru yang kaya untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja mereka. Pengetahuan akan menjadi acuan di dalam pikiran kita, yang pada akhirnya mampu mengahasilkan kreativitas – sumber kreativitas. Ketika esensi dinamis dari sikap positif dan pengetahuan di kombinasikan, mereka memberi energi kepada tindakan-tindakan dan mendorong pencapaian sampai kepada puncak ketinggiannya.

Kebenarannya : Pengetahuan adalah daya !

Penulis : Soegianto Hartono

Jika Anda tersentuh dengan renungan di atas, tolong “share” renungan ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber : topmotivasi.com )

author