Pentingkah Minyak Ikan untuk Ibu Hamil?

No comment 1067 views

Mengandung adalah anugerah terbesar yang tidak semua wanita dapat memilikinya. Untuk itu, perawatan yang intensif adalah tindakan yang tepat untuk menjamin perkembangan dan pertumbuhan janin agar menjadi bayi yang sehat dan kuat. Termasuk, memilih makanan tepat agar kebutuhan nutrisi dan gizinya dapat terpenuhi.

Berbagai jenis makanan sehat seperti sayuran dan buah merupakan elemen wajib yang tidak bisa dipisahkan dalam mempersiapkan menu makanan setiap hari. Persoalannya adalah, apakah itu semua cukup mengingat usia kehamilan terus bertambah yang pastinya membutuhkan asupan yang lebih besar lagi. Untuk itu, minyak ikan untuk ibu hamil dapat dicoba mengingat bahan yang satu ini mudah ditemukan di berbagai tempat dan memiliki kandungan yang baik bagi pertumbuhan janin.

Minyak Ikan untuk Ibu Hamil Pastikan Asupan DHA Terpenuhi

minyak ikan untuk ibu hamilMeskipun DHA dapat diperoleh dari makanan sehari-hari seperti ikan tuna, salmon dan makarel, namun tidak semua ibu hamil mampu mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Kesulitan dalam mendapatkannya adalah alasan utama selain harganya yang memang relatif mahal. Sangat berbeda dengan minyak ikan yang dijual dalam bentuk kemasan dan sudah diakui oleh BPOM yang pastinya lebih memudahkan para ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Adapun DHA ini sendiri berguna untuk memampukan bayi secara visual.

Meskipun ada kemudahan yang ditawarkan, bukan berarti dikonsumsi tanpa ada aturan atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Resiko yang muncul adalah tubuh akan mengalami keracunan vitamin A dan D serta menurunkan kadar vitamin E di dalam tubuh.

Minyak Ikan Tidak Terbukti Membuat Anak Pintar, benarkah?

Meskipun sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika membuktikan tidak ada perbedaan tingkat intelegensia antara anak yang diberi minyak ikan atau tidak. Atau, secara ilmiahnya mengkonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil tidak secara otomatis membuat pintar, namun bukan berarti supplemen ini tidak perlu dikonsumsi. Sepanjang tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh dokter kandungan agar terpenuhi apa yang diperlukan si janin.

Pastikan juga, untuk menyeimbangkan dengan menu makanan sehat lainnya agar manfaat minyak ikan untuk ibu hamil lebih maksimal.

author