Pentingnya ASI Eksklusif untuk Anak

No comment 586 views

Menurut Hubertin (2004), ASI didefinisikan sebagai jenis makanan yang yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial maupun spiritual. Kandungan ASI juga tidak diragukan lagi, karena ASI mengandung nutrisi, hormon, unsur kekebalan pertumbuhan, anti alergi, serta anti inflamasi. Nutrisi dalam ASI mencakup hampir 200 unsur zat makanan.

anak kembar

ASI eksklusif diberikan kepada bayi selama 6 bulan setelah kelahiran. Ada banyak manfaat ASI eksklusif untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Manfaat ASI eksklusif tersebut antara lain

1. Sebagai Nutrisi

ASI merupakan sumber gizi yang seimbang dan paling ideal untuk pertumbuhan bayi.

2. ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Saat mengkonsumsi ASI, anak akan mendapatkan asupan immunoglobin (zat kekebalan tubuh). Bayi baru dapat memproduksi immunoglobin ini ketika berusia 4 bulan
3. Meningkatkan kecerdasan

Hasil penelitian Dr.Riva (1977) menunjukan bayi ASI eksklusif pada usia 9 tahun mempunyai IQ 12,9 poin lebih tinggi dibanding anak yang ketika bayi tidak diberi ASI eksklusif.

4. ASI menjalin kasih sayang

Ini hal yang penting sekali untuk bunda perhatikan, yaitu kedekatan dengan bayi yang akan menimbulkan rasa kasih sayang. Melalui dekapan saat menyusui, anak akan merasakan kasih sayang berlebih.

Setelah melihat manfaat ASI di atas, Bunda mulai menyadari pentingnya ASI bukan? Oleh karena itu, Bunda jangan lagi malu, malas, atau takut tidak seksi lagi jika menyusui anak. Selain itu, agar ASI dapat memberikan manfaat maksimal untuk anak, maka ASI haruslah dijaga kualitasnya. Ada banyak cara Menjaga ASI Eksklusif untuk tetap menjaga kesehatan.

 

 

 

 

author