Pentingnya Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil

No comment 4258 views

Ibu hamil memang sangat rentan dengan berbagai kondisi yang patut dijaga dan diawasi dengan ketat. Salah dalam melakukan perawatan bisa-bisa menimbulkan satu hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, peran aktif pasangan merupakan kontribusi terbesar guna menjamin perkembangan janin dan ibu hamil tentunya.

Adapun asuhan kebidanan pada ibu hamil atau secara medis dikenal dengan istilah ANC merupakan satu program yang terencana. Mulai dari observasi, penanganan medik hingga edukasi pada ibu hamil guna memperoleh satu proses kehamilan yang menyenangkan serta persalinan yang aman. Atau, secara garis besarnya adalah sebagai cara penting untuk memonitoring kesehatan ibu hamil.

Tujuan Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil

asuhan kebidanan pada ibu hamilTentu, dibalik satu program ada tujuan yang dapat dicapai dengan mengikuti asuhan kebidanan pada ibu hamil. Apa saja tujuan itu? Berikut penjelasannya :

Agar Ibu Sehat : Ibu hamil dipastikan akan mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk badan, berat badan hingga hormon. Yang bila tidak diberi perawatan yang tepat dapat berpengaruh kepada perkembangan janin nantinya. Salah satunya adalah otak dan syaraf terutama pada trimester pertama.

Memantau Perkembangan : Dengan mengikuti program ini secara bertahap, dapat diketahui resiko apa yang terjadi selama kehamilan. Sehingga tindakan medis pun dapat dilakukan agar resiko tersebut dapat diminimalisirkan.

Mengurangi Resiko Kematian dan Cacat : Dengan pengawasan yang secara berkala dilakukan dapat mengurangi kedua hal tersebut. Jaminan gizi dan nutrisi hingga tindakan pencegahan lainnya pun dapat segera dilakukan.

Dimana dan Kapan Harus Dilakukan?

Untuk melakukan serangkaian program tersebut, sebaiknya ibu hamil mengunjungi bidan yang ada di posyandu, bidan desa di Polindes, Puskesmas, rumah sakit dan praktek swasta atau dokter. Mereka akan dengan senang hati membantu dan melakukan pemeriksaan secara kontinyu guna memastikan kesehatan janin dan ibu hamil.
Adapun waktu yang tepat untuk mengunjunginya memang sesering mungkin. Namun, jika tidak ada keluhan berarti setidaknya dilakukan 4 kali yaitu pada usia kehamilan 1 – 28 minggu, dua kali di usia 29 – 36 minggu dan usia kehamilan 37 – 40 minggu. Yuk, segera ikuti asuhan kebidanan pada ibu hamil.

author