Pentingnya Memperkenalkan Lagu-Lagu Anak

No comment 579 views

Fenomena anak-anak menyanyikan lagu-lagu dewasa memang sudah tidak asing lagi. Hal ini dipicu oleh berbagai hal, seperti tayangan televisi untuk anak yang kurang, lingkungan, maupun artis-artis cilik yang justru membawakan lagu-lagu cinta remaja. Hal ini tentu tidak sesuai dengan usia anak bukan. Salah-salah lagu ini dapat menyebabkan anak dewasa sebelum waktunya.

Jika kita tilik sepuluh tahun-an yang lalu, ketika banyak artis-artis cilik menyanyikan lagu anak, anak-anak akan sangat suka dan turut menyenyikannya. Ada banyak lagu-lagu yang bermanfaat untuk perkembangan anak. Contoh lagu-lagu anak antara lain naik delman, cuci tangan, naik kereta api, aku anak sehat, dan sebagainya.

anak usia dini

Manfaat lagu-lagu anak tersebut antara lan, Menanamkan nilai karakter pada anak. Dalam lagu-lagu anak biasanya mengandung suatu pelajaran. Nilai-nilai yang terkandung dalam lagu anak antara lain kejujuran, bekerja keras, cara bercocok tanam, menghargai orang lain, dan sebagainya. Contohnya dalam syairlagu kasih ibu:

Kasih ibu

kepada beta

tak terhingga sepanjang masa

hanya memberi

tak harap kembali

bagai sang surya menyinari dunia

 

Lagu kasih ibu ini memberi tahukan kepada anak tentang kasih sayang ibu yang sangat besar dan tulus kepada mereka. Harapannya anak-anak akan selalu hormat dan menghargai orang tuanya sebagai tanda berbakti. Selain itu, masih banyak lagi lagu-lagu anak yang mendidik dan memiliki kedalaman makna.

 

 

 

author