Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Karakter merupakan kepribadian seseorang yang tercermin dalam sikap dan tingkah laku sehari – hari. Karakter ini akan sangat berpengaruh dan menentukan arah tujuan hidup seseorang, apakah akan menjadi individu yang baik atau tidak di masa yang akan datang.

Karakter harus sudah mulai ditanamkan sejak dini kepada anak, bahkan ketika anak masih pada tahap bayi. Anak pada usia ini mungkin memang belum dapat berbicara dan bertingkah laku layaknya orang dewasa, namun pada tahap ini interaksinya dengan dunia luar melalui penglihatan dan pendengarannya sudah mulai dilakukan.

pend

Beranjak pada usia yang lebih tinggi yakni balita, pendidikan karakter ini harus mulai ditingkatkan. Anak yang tengah memasuki usia balita memiliki progress kemampuan berfikir dan mengingat sesuatu yang sangat baik. Keadaan fikiran yang masih kosong atau polos pada anak balita memudahkan ia menagkap dan mengingat segala hal yang ia lihat dari lingkungan dan orang – orang sekitarnya, entah itu dalam bentuk perkataan ataupun perbuatan. Segala sesuatu yang ia tangkap ini kemudian coba ia praktekkan dalam kehidupannya, hal seperti ini lazim dikenal dengan kemampuan imitasi atau menirukan. Sayangnya pada usia ini, anak belum dapat menentukan dengan sendirinya mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga memerlukan peran orang tua.

Oleh karena itu penting bagi setiap orang tua untuk melakukan pembimbingan dan pendidikan karakter kepada anak balita agar bisa membedakan mana perbuatan atau tingkah laku yang baik sehingga dapat ditiru dan mana perilaku yang buruk sehingga harus dihindari. Sebagaimana telah disebutkan diatas anak balita memiliki kemampuan mengingat dan menirukan yang baik, sehingga pada usia inilah merupakan waktu yang tepat untuk membentuk karakter anak.

Pendidikan karakter pada anak usia balita dapat dilakukan dengan cara – cara yang menyenagkan, misalnya melalui dongeng atau cerita yang mengandung nilai moral, melalui lagu – lagu, atau melalui nasihat secara langsung.

author