Pentingnya Peran Keluarga dalam Mendidik Anak

Peran keluarga dalam mendidik anak adalah sesuatu yang sangat penting. Dapat kita lihat bahwa keluarga adalah lingkungan awal dimana anak mendapatkan pelajaran mengenai mana yang baik dan mana yang buruk. Sedari dalam kandungan anak sudah dapat merasakan apa yang orang tua rasakan. Kedekatan antara anak dengan orang tua haruslah dijalin semenjak anak berada dalam kandungan. Sejak dalam kandungan sudah selayaknya orang tua mulai mengajak berbicara calon anak mereka yang masih berada dalam kandungan. Gunakan kata-kata yang baik karena hal tersebut akan menjadi landasan awal untuk mendidik mereka kedepannya.

Pendidikan dalam keluarga harus berdasarkan dua landasan dasar yaitu secara lisan dan perbuatan. Secara lisan keluarga berperan untuk memberi pengarahan pada anak tentang bagaiman harus bersikap. Keluarga harus memberikan pengajaran mengenai bagaimana menjalan kehidupan dengan jalan yang benar. Memberi pengarahan kepada anak ketika mereka sedang memilih jalan yang salah. Peran keluarga sangat besar untuk membentuk karakter seorang anak.

Dari segi perbuatan, keluarga memeberikan contoh langsung kepada anak mengenai perbuatan yang seharusnya mereka lakukan. Anak akan mencontoh secara langsung perbuatan keluarga mereka dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berperilaku santun dan mengamalkan nilai-nilai luhur adalah langkah terbaik untuk mengajarkan anak-anak. Anak-anak akan mudah untuk menyerap setiap pembelajaran yang diajarkan karena ada praktik langsung dari keluarga terdekat. Dapat kita lihat bahwasanya peran keluarga dalam mendidik anak sangatlah penting.

author