Pentingnya Posyandu bagi Ibu dan Balita

No comment 2230 views

Tahukah Anda apa itu Posyandu? Yap bagi kebanyakan Ibu tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Posyandu atau Pos Layanan Terpadu merupakan sebuah program pemerintah yang berkenaan dengan masalah kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan balita. Program ini bersifat dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat sehingga Posyandu umumnya dilakukan disetiap desa oleh kader – kader kesehatan desa dengan bimbingan tenaga ahli dari dinas kesehatan.

Sebagai sebuah usaha kesehatan bersama dalam masyarakat Posyandu ini memiliki berbagai program yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan balita yang berhubungan dengan masalah kesehatan secara umum, gizi, imunisasi, pencegahan dan penanggulangan berbagai penyakit, serta pertumbuhan dan perkembangan balita. Lantas apa sih manfaat Posyandu? Berikut beberapa manfaat mengikuti program Posyandu untuk ibu dan balita.

  • Memantau kesehatan anak

Posyandu memberikan berbagai layanan kesehatan untuk ibu dan balita, seperti periksa kesehatan gratis,imunisasi untuk mencegah berbagai penyakit pada balita, serta berbagai pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan ini termasuk didalamnya masalah pencegahan dan penanggulangan penyakit yang biasa dialami balita seperti batuk, pilek, diare dan demam, serta penyebab dan gejalanya.

  • Memantau pertumbuhan dan perkembangan balita

Posyandu memberikan layanan pemantauan pertumbuhan balita baik secara jasmani maupun rohani, seperti pengukuran berat badan tan tinggi badan. Dengan dilakukannya pemantauan secara rutin dan berkala ini dapat diketahui bagaiman proses pertumbuhan dan perkembangan anak apakah normal atau tidak, sehingga dapat ditentukan langkah apa yang harus segera dilakukan.

  • Memantau Gizi Balita

Dengan dilakukannya pengukuran berat dan tinggi badan seperti poin kedua, akan didapat grafik pertumbuhan anak dimana dalam grafik tersebut akan terdapat sebuah grafik normal sebagai standar pertumbuhan bayi. Oleh sebab itu akan dapat diketahui apakah gizi sang balita telah terpenuhi atau belum. Selain itu, dalam Posyandu juga diberika pendidikan kesehatan yang menyangkut kebutuhan gizi anak dan bagaimana cara memenuhinya.

author