Penuhi Asupan Gizi Untuk Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Memberikan ASI pada bayi usia 0 – 6 bulan merupakan tindakan yang sangat dianjurkan meski tidak sedikit yang menjamin asupan ASI hingga usia 2 tahun. Namun, perkembangan bayi yang terus bertambah disertai dengan tingkah polah mereka, membuat para orang tua harus was-was dalam mencukupi gizi yang dibutuhkan dan tidak melulu dari pemberian ASI saja.

Oleh sebab itu, makanan pendamping atau biasa disebut MPASI menjadi satu keharusan yang tidak dapat diabaikan. Adapun jenis makanan yang satu ini haruslah bervariasi agar kebutuhan gizi yang dibutuhkan selama pertumbuuhan si kecil dapat terpenuhi. Biasanya, makanan dan minuman tersebut dapat dirumah atau dalam bentuk kemasan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah kualitas gizi yang seimbang adalah hal yang harus diperhatikan agar perkembangan bayi usia 6 bulan dapat terpenuhi.

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan : Manfaat Gizi Yang Diberikan

perkembangan bayi usia 6 bulanSeperti yang telah dijelaskan diatas bahwa perkembangan bayi usia 6 bulan sudah mulai menunjukkan reaksi seperti belajar merakak, menggulingkan tubuh hinga dapat duduk sendiri. Nah, dengan aktifitas tersebut sudah selayaknya kebutuhan gizi harus dipenuhi agar si kecil tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini manfaat gizi bagi si kecil selama masa perkembangan yaitu :

Lemak : Memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf otak yang pastinya berhubungan dengan kecerdasan anak. Adapun jenis lemak yang dibutuhkan adalah omega 6, asam linolenat hingga DHA.

Yodium : Berfungsi untuk membentuk metabolisme tubuh dan mengubah karoten yang ada pada makanan untuk menjadi vitamin A. Sehingga si kecil dapat tumbuh sempurna dengan ukuran tubuh yang tidak mengecil atau kerdil.

Asam Folat : Memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak terutama dalam memproduksi sel darah merah dan sel darah putih di dalam sumsum tulang.

Tentu, dengan melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh makanan dan minuman yang memiliki gizi yang seimbang akan memastikan perkembangan bayi usia 6 bulan tidak terhambat yang dapat mengganggu kecerdasan, mental dan pertumbuhan fisik.

author