Penyakit Cacar pada Anak

No comment 427 views

Penyakit cacar pada anak merupakan sebuah penyakit umum yang menyebabkan ruam dengan gatal, bintik merah, atau bahkan lecet di seluruh tubuh. Penyakit cacar memang banyak terjadi pada anak-anak, kendati demikian bukan tidak mungkin orang dewasa juga mendapatkannya karena memang belum terdapat vaksin dalam diri mereka.

Cacar air biasanya disebabkan oleh masalah kekebalan tubuh anak yang belum mampu melawan penyakit dengan baik. Anak akan mendapatkan infeksi yang kemudian mengalami masalah kesehatan serius. Ketika anak anda menderita penyakit cacar, maka sudah barang tentu mereka harus absen dari segala aktivitas di luar rumah agar penyakit ini tidak menular.

Setelah anak anda menderita cacar air, maka ia tidak mendapatkan penyakit cacar air ini kembali, tetapi virus yang ada di dalam tubuh anak bisa memberikan mereka infeksi virus apabila aktif kembali.

Apa yang menyebabkan cacar air, dan bagaimana caranya menyebar?

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus yang dinamakan dengan varicella-zoster. Virus tersebut mampu menyebar dengan mudah dan anak anda bisa mendapatkannya dari orang yang terinfeksi bersin, batuk, atau beragam makanan serta minuman yang bercampur. Anak anda juga bisa mendapatkan cacar air akibat tersentuh cairan dari blister cacar tersebut. Seseorang yang mempunyai cacar, mampu menyebarkan penyakit tersebut dengan mudah bahkan ketika anak tersebut belum mempunyai gejala penyakit satupun. Cacar air akan menular antara waktu 2 hingga 3 hari.

Anda beresiko untuk cacar air jika Anda tidak pernah memiliki penyakit dan tidak memiliki vaksin cacar. Jika seseorang yang Anda hidup dengan mendapat cacar air, risiko Anda bahkan lebih tinggi karena kontak yang jaraknya dekat.

Apa saja gejala cacar yang mungkin terjadi?

  • Anak akan mendapatkan demam seperti para penderita pilek.
  • Anak akan mendapatkan rasa cepat lelah, lesu, dan semua hal itu seperti gejala kurang darah atau anemia.
  • Para penderita cacar yang akut biasanya menderita rasa nyeri yang berlebihan, pusing, dan sakit kepala.
  • Bintik-bintik merah yang muncul pada bagian kulit di tubuh anak.
author