Penyakit Pneumonia Pada Anak

No comment 2111 views

Anak anak rentan sekali terhadap penyakit mulai dari penyakit yang biasa sampai penyakit yang berbahaya. yang perlu anda waspadai penyakit anak yang bisa mematikan adalah Penyakit pneumonia. Dinegara kita ini, penyakit pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler dan TBC. disebakan karena faktor ekonomi yang rendah. Kasus yang ditemukan Pneumonia lebih sering menyerang balita.

Pneumonia sendiri merupakan suatu bentuk infeksi pernapasan akut yang berpengaruh terhadap paru paru. karena Infeksi tersebut terjadi akibat alveoli tidak bekerja secara maksimal ketika mengisi udara di paru-paru, yang kemudian akan menyebabkan sulitnya bernapas karena oksigen yang masuk sangat terbatas.


Adapun gejala yang ditimbulkan dari Pneumonia ini adalah sebagai berikut:

– Anak menjadi demam
– Flu
– batuk lebih dari 2 hari
– susah bernafas

Untuk pengobatan Pneumonia bisa dilakukan melalui metode sinar-X.

Mencegah Pneumonia Pada Anak :

– Berikan bayi anda ASI eksklusif selama enam bulan pertama karena ASI sangat penting untuk mencukupi gizi bayi dan mendukung daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan bakteri

– Memberikan imunisasi anak yang telah disarankan dokter dalam satu tahun pertama.

– Selalu menjaga kebersihan rumah dan sekitar.

– Biasakan anak untuk hidup sehat, dan selalu mencuci tangan sebelum makan, dan satu lagi cegah anak untuk tidak jajan sembarangan.

Demikian artikel kesehatan yang membahas tentang penyakit pneumonia pada anak, semoga bermanfaat.

author