Penyanyi Dengan High Falsetto Voice

No comment 2338 views

Penyanyi ini memiliki suara yang luara biasa. Dengan menggunakan teknik high falsetto voice ia telah menyihir dunia. Teknis suara ini mengingatkan kita pada grup musik The Bee Gees dengan nada yang lebih tinggi. Dengan suaranya itu ia dijuluki “The Prince of Dolphin Voice” alias Pangeran Bersuara Lumba-Lumba.

Istilah itu mungkin agak mengherankan, karena tak banyak orang yang tahu seperti apa suara lumba-lumba. Namun begitu mendengarnya, di samping merinding, suara Vitas begitu indah, klasik, dan mendatangkan nuansa magis tertentu. Satu lagunya bahkan disebut-sebut sebagai lagu terbaik di dunia yaitu Crane’s Cry.

Vitas memiliki nama asli Vitaliy Vladasovich Grachyov. Ia lahir 19 Februari 1979 di Daugavpils, Latvia, dan dibesarkan di Odessa, Ukraina dari ayah-ibu keturunan Rusia. Sejak kecil ia sudah tampak bakat nyanyinya. Ibunya kemudian mengajarinya memainkan akordeon. Ternyata Vitas juga bisa mencipta lagu dan sudah dimulainya sejak anak-anak. Di samping itu Vitas juga belajar teater dan sering tampil mewakili sekolahnya.

Suatu kali seorang produser musik/teater dari Moskow, Sergey Pudovkin, melihat bakat acting-nya yang luar biasa dan tak perlu pikir panjang ia kemudian menawari Vitas untuk datang ke Moskow untuk melatih kemampuan seni perannya agar lebih baik. Saat itu Sergey belum mendengar bagaimana suara Vitas saat menyanyi. Vitas akhirnya datang juga ke kantor Sergey dengan membawa contoh suaranya saat ia menyanyi.

Justru bakat inilah yang membuat Sergey segera membuat album Vitas. Tahun 2000 album Vitas keluar dengan lagu klasik andalannya “Opera No.2”. Dibanding penyanyi opera/klasik lain, cara Vitas menyanyikannya sangat berbeda. Suara Vitas lebih energik dengan lantunan suara beroktaf tinggi. Hal inilah yang membuat lagu itu segera populer.

Tak perlu menunggu waktu lama, Vitas segera menjadi bintang. Ia diundang ke mana-mana dan bahkan hingga ke istana negara, Kremalin Palace. Album dan lagunya mendapat berbagai penghargaan.
Tahun 2006 ia berkesempatan hadir dalam acara “The Year of Russia in China”. Setelah pergelaran itu, publik China tergila-gila pada suara emas Vitas. Lagu Opera No.2 kemudian populer di Negeri Tirai Bambu itu. Vitas lalu diundang untuk menyanyi saat pembukaan Olimpiade Beijing 2008.

Kini Vitas tak hanya memiliki banyak penggemar di Rusia dan China, namun juga di berbagai negara di dunia.Tahun lalu ia berkeliling dunia dengan konser bertajuk Sleepless Night di sejumlah kota di Amerika Utara yang meliputi New York, Toronto, Chicago, Miami, Vancouver, Los Angeles, dan San Francisco. Lagu-lagunya di Youtube pun sudah diputar jutaan kali.

Seseorang yang “berkakat dunia” memang tak mungkin terus tersembunyi. Selalu saja datang kesempatan menjemputnya hingga dunia mengetahuinya. Hari ini saat ulang tahunnya yang ke-33, Vitas makin terkenal di dunia.

Sumber: andriewongso.com

author