Penyapihan Pada Bayi

No comment 956 views

Menyusui merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi para ibu karena ada banyak manfaat yang diberikan. Mulai dari tercukupinya kebutuhan si kecil akan nutrisi hingga terbentuknya ikatan emosional. Hanya saja, seiring dengan bertambahnya usia membuat bayi harus lepas dari payudara ibu atau istilah yang kerap digunakan adalah penyapihan.

Tidak semua para ibu memiliki waktu yang sama untuk menyapih dikarenakan beberapa alasan. Seperti faktor pekerjaan, rasa sedih saat harus memisahkan si kecil dari menyusui hingga ingin memberikan sampai di usia tertentu. Apapun alasan yang diajukan, penyapihan pada bayi memang harus terjadi dan sebaiknya dilakukan saat ibu dan bayi benar-benar siap.

Bagi para ibu menyusui, sangat penting kiranya memahami prinsip dari penyapihan itu sendiri sehingga tidak ada kesan memaksa yang pada akhirnya nanti justru membuat keduanya merasa tertekan. Salah satunya adalah dukungan penuh dari ayah yang sangat membantu dalam proses penyapihan. Dengan demikian, tak perlu menggunakan pihak ketiga atau berupa benda yang membuat si kecil harus terpisah.

penyapihan pada bayiKemudian, lakukan penyapihan pada bayi secara perlahan karena kedekatan emosional yang sudah terbentuk sekian lama akan memberi dampak buruk jika dilakukan secara mendadak. Malahan yang ada, rasa stress yang berlebihan bagi si kecil bisa saja terjadi.

Penyapihan Pada Bayi : Teknik Yang Bisa Diterapkan

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan selama proses penyapihan dapat dilakukan seperti :
– Mengurangi Frekuensi Menyusui

Cara ini bisa dilakukan dengan memberi susu formula sehingga memberikan waktu kepada si kecil untuk beradaptasi jika harus disapih. Selain itu, produksi ASI juga akan berkurang secara perlahan sehingga payudara ibu tidak akan membengkak.

– Mempersingkat Waktu Menyusui

Dengan membatasi waktu menyusui dan menggantikannya dengan cemilan sehat seperti buah-buahan atau susu akan membuat si kecil dengan mudah disapih. Walau, pada kenyataannya waktu sebelum tidur adalah saat yang sulit untuk melakukannya.

Dengan teknik yang tepat, serta tidak adanya pemaksaan dalam melakukannya akan membuat si kecil tidak menyadarinya. Penyapihan pada bayi tidak menjadi satu momen yang menakutkan tapi menyenangkan.

author