Penyebab Anak Manja

No comment 1766 views

Apa sih faktor penyebab anak menjadi manja? Demikian kata yang sering terlontar dari para orang tua. Terkadang orang tua tidak menyadari bahwa sikap atau kasih sayangnya yang berlebihan bisa menjadikan anak menjadi manja, segala sesuatunya harus dituruti. Tak ada salahnya jika anda menyimak tipsanak.com berikut tentang mengetahui penyebab anak manja.

Faktor Penyebab

Faktor dari orangtua
Dukungan orangtua terhadap perilaku manja anak
Beberapa orangtua menganggap bahwa perilaku anak yang kebayi-bayian menarik, dan beberapa orangtua tidak ingin anaknya tumbuh besar, mereka ingin anaknya tetap seperti bayi yang terus menggantungkan diri pada mereka. Sikap orangtua yang seperti ini membuat mereka tidak keberatan ketika anak berperilaku kebayi-bayian, melengket pada orangtua, pura-pura manis, imut, suka bersembunyi, atau lari, sehingga oleh karenanya, perilaku yang tidak matang itu pun semakin berkembang.

Rasa bersalah orangtua
Beberapa orangtua menuruti keinginan anaknya yang merengek-rengek karena mereka secara tidak sadar mempunyai perasaan bersalah, misalnya merasa bersalah karena terlalu sering meninggalkan anak, tidak mencintai anak dengan sepenuhnya, atau karena dulunya tidak menginginkan kehadiran anak.

Sikap permisif orangtua
Orangtua yang mengalami kesulitan untuk memberikan batasan perilaku secara tegas, sering dimanipulasi oleh anak. Anak menjadi suka merengek ketika menginginkan sesuatu, dan terus merengek hingga orangtua menuruti keinginan mereka. Adapun yang menyebabkan orangtua tidak tegas dalam menetapkan batasan biasanya adalah rasa khawatir orangtua bahwa anaknya akan jadi tidak menyukai diri mereka kalau mereka bersikap keras pada anak. Beberapa orangtua juga gagal bersikap tegas karena mereka kurang percaya diri dan bingung menjalankan posisinya sebagai orangtua yang seharusnya lebih dominan atau berkuasa daripada anak.

Faktor dari anak
Keinginan anak akan perhatian dan kekuasaan
Beberapa anak bersikap manja karena ingin mendapat perhatian lebih banyak, sementara anak-anak lain yang merasa terlalu dikendalikan orangtuanya, melakukan perilaku manja dalam usaha untuk sedikit mengontrol orangtuanya. Keinginan anak akan perhatian yang berlebihan, bisa disebabkan karena anak selama ini memang kurang dicintai dan diperhatikan oleh lingkungannya, atau bisa juga justru sebaliknya, anak terlalu banyak diperhatikan sehingga menjadi kecanduan perhatian.

Sifat egois anak
Anak yang egois selalu ingin memperalat orang lain untuk memenuhi keinginannya. Mereka juga cenderung berlebihan dalam bereaksi terhadap sedikit saja ketidaknyamanan yang menimpa mereka, misalnya terhadap sikap orang lain yang tidak adil terhadap mereka, sehingga segera mengeluh atau cepat-cepat mencari pembelaan dari orang dewasa.

author