Penyebab Anak Rewel

No comment 779 views

Anak rewel banyak sekali penyebabnya, Menghadapi anak yang rewel memang harus penuh dengan kesabaran, kadang yang ini salah yang itu salah, seringkali memancing emosi orang tua. Namun jika kita mengetahui penyebab anak rewel mungkin kita dapat mengatasinya dan mencari solusinya.

Berikut beberapa penyebab anak rewel dan cara mengatasinya.

1. Kondisi fisik yang tidak nyaman, misalnya kepanasan, sakit, kedinginan, mengantuk kelaparan atau kehausan jika kita dapat memenuhi kebutuhannya dan membuatnya nyaman kembali anak tidak akan rewel lagi

2. Anak sedang mencari perhatian, Jika anak sedang rewel biasanya mereka mendapatkan perhatian yang lebih dan diikuti keinginannya oleh karena itu berikan perhatian padanya saat mereka bersikap manis dan ajak mereka berbicara bahwa meminta sesuatu itu tidak harus diawali dengan menangis.

3. Ingin menunjukan kekuatannya, Anak terutama batita cenderung menolak, sebenarnya dia hanya ingin menunjukan bahwa mereka juga memiliki pendapat dan keinginan . Sebaiknya orang tua tidak harus memaksakan kehendak kita berikan mereka pilihan yang tujuan akhirnya tetap pada tujuan yang sama. Cara ini pun sekaligus mengajari anak untuk mengambil keputusan.

4. Terluka perasaannya biasanya hal ini terjadi setelah anak dimarahi. Bahkan terkadang mereka mengucapkan kata-kata yang menyakitkan seperti ” ibu jahat”. sebaiknya orang tua tidak kembali memarahi mereka, coba rangkulah mereka dan katakan “ibu sayang banget sama kamu” jadikan mereka merasa nyaman agar rewelnya tidak berkepanjangan.

5. Ketidak mampuan mengerjakan sesuatu, jangan paksakan anak untuk mengerjakan sesuatu sesuai ukuran orang dewasa. contohnya makan, tanpa sadar kadang kita menuntut anak untuk makan dengan rapi jika anak tidak mampu biasanya buntutnya rewel. Oleh karena itu jangan menuntut sesuatu yang mereka belum mampu sebaiknya beri mereka penghargaan sebagai pemicu semangat.

author