Penyebab Bayi Kuning Dan Cara Mengatasinya

No comment 577 views

Bagi sebagian orang, bayi kuning merupakan sesuatu hal yang masih tabu. Terlebih jika mereka baru memiliki anak pertama, sehingga masih kurang pengalaman tentang perubahan – perubahan yang dialami bayi. Pada dasarnya bayi kuning disebabkan oleh timbunan bilirubin, yaitu zat/komponen yang berasal dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah di bawah kulit. Walhasil bayi pun akan nampak berwarna kekuningan, bahkan disekitar daerah matanya pun akan sama terlihat kekuningan.

bayi kuning

Selain karena timbunan bilirubin, bayi kuning juga dapat disebabkan oleh efek samping dari obat – obatan yang diminumnya. Misalkan pengaruh sirup, atau obat bayi lainnya yang memiliki efek samping berbahaya atau sudah kadaluarsa. Disamping itu, bayi kuning juga bisa disebabkan karena infeksi oleh penyakit, dan hal inilah yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan bayi meninggal dunia.

Bayi kuning bisa disebabkan karena fisiologis dan patologis, untuk bayi kuning yang disebabkan karena fisiologis anda tidak perlu khawatir karena akan bisa hilang dengan sendirinya. Namun bila bayi kuning karena patologis, maka hal tersebut harus segera di atasi supaya tidak  berakibat patal untuk si bayi. Dan berikut ini adalah hal yang hars anda lakukan ketika kulit bayi anda tiba – tiba berubah menjadi kekuningan.

1. Perhatikan sejak kapan bayi anda berubah kekuningan
2. Catat seberapa cepat reaksi warna kekuningan pada bayi
3. Ingat – ingat juga apa yang terjadi pada bayi atau pa yang pernah anda berikan sampai bayi berubah kekuningan
4. Jaga kebersihan bayi supaya tidak terinfeksi suatu penyakit
5. Langsung pergi ke dokter untuk memeriksakan apa sebenarnya yang terjadi pada bayi anda

Dengan melakukan beberapa hal di atas, kami berharap warna kekuningan pada bayi anda bisa segera di atasi. Yang terpenting anda harus mengetahui dengan jleas sejak kapan bayi anda menjadi kekuningan, tujuannya supaya dokter bisa lebih cepat dan mudah dalam mengevaluasi si bayi.

author