Penyebab Bayi Muntah dan Cara Mencegahnya

No comment 622 views

Dalam kondisi tertentu bayi akan mudah sekali untuk muntah, yaitu proses dikeluarkannya isi lambung sampai ke mulut dengan paksa. Meski dianggap hal yang wajar, namun tidak baik bagi bayi bila sering muntah. Penyebab bayi muntah sendiri cukup beragam, salah satunya disebabkan oleh ASI. Mungkin anda atau ibu yang sedang menyusui tidak sadar kalau anaknya sudah kenyang ketika diberi susu, sehingga susu yang tadinya diminum oleh si bayi akan dimuntahkan.

bayi muntah
Selain itu, bayi yang suka muntah juga bisa disebabkan oleh masuk angin. Sama halnya dengan orang dewasa, ketika susu tubuhnya tiba – tiba berubah maka akan mengocok isi perut si bayi, dan hasilnya bayi akan memuntahkan makanan yang sebelumnya diimakan. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab bayi yang sering muntah – muntah bisa di cegah. Untuk lebih jelasnya, slakan simak tips mencegah bayi muntah berikut ini.

Membatasi Pemberian ASI
Seperti yang kami katakan tadi, memberikan asi yang berlebih untuk bayi akan membuatnya muntah – muntah. Maka dari itu, sebaiknya batasi memberikan bayi anda asi. Untuk mengetahui bayi sudah kenyang atau belum ketika diberi asi, cobalah untuk menghentikan memberikan asi sebentar dan jika bayi tidak menangis maka tandanya si bayi sudah kenyang.

Memberikan Minyak Telon
Bayi yang suka muntah – muntah juga bisa disebabkan oleh perubahan suhu tubuhnya, maka dari itu untuk menjaga suhu tubuh si bayi agar tetap hangat sebaiknya selalu oleskan mnyak telon dsekujur tubuhnya. Minyak telon nantnya akan memberikan kehangatan pada si bayi, sehingga bayi tdak akan mual dan muntah.

Dengan melakukan dua tips di atas saja, kami yakin bayi anda tidak serng muntah. Yang terpenting, anda harus tahu jika bayi anda sudah kenyang ketika makan. Selain itu, pastikan bayi anda tidak masuk angin, sebab jika bayi yang masuk angin sangat berpeluang untuk muntah – muntah.

author